Ini Berbagai Kendala Teknis yang Mewarnai Tes SKD CPNS 2018

Penyelenggaraan hari pertama tes Seleksi Kompetensi Dasar bagi para pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 diwarnai berbagai kendala teknis.
JIBI | 27 Oktober 2018 09:24 WIB
Ilustrasi proses ujian seleksi CPNS - Antara/Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA -- Penyelenggaraan hari pertama tes Seleksi Kompetensi Dasar bagi para pendaftar Calon Pegawai Negeri Sipil 2018 diwarnai berbagai kendala teknis.

Kepala Biro Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan mengungkapkan kendala teknis yang terjadi beragam, mulai dari kerusakan komputer hingga kendala jaringan.

"Pada penyelenggaraan hari pertama ini, kendala teknis memang ada. Misalnya ada komputer yang enggak semua bisa dipakai, ada tetikus yang macet, pembebanan listrik berlebih hingga soal jaringan client atau LAN lokal yang bermasalah," ujarnya seperti dilansir Tempo, Sabtu (27/10/2018).

Kendala tersebut terjadi di sejumlah daerah seperti Medan dan Ungaran. Untuk memastikan  hak para peserta, BKN akan memindahkan jadwal tes bagi peserta yang mengalami kendala teknis.

Selain itu, jumlah sesi tes juga akan ditambah untuk mengantisipasi kejadian serupa di hari berikutnya.

"Nanti kompensasinya bagaimana, akan diatur sebaik-baiknya, yang pasti hak untuk ikut tes tidak berkurang," tegas Ridwan.

Masalah teknis juga terjadi di Yogyakarta. Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) DI Yogyakarta Agus Supriyanto mengungkapkan ada perangkat laptop bagi peserta yang tidak sesuai dengan yang diharapkan.

Selain itu, jumlahnya pun kurang. Dari 650 unit laptop yang dibutuhkan, hanya tersedia 420 unit.

Jaringan untuk menyambungkan tes di Yogyakarta dengan pusat juga ternyata tidak berhasil terkoneksi. Hal ini diduga terjadi karena waktu persiapan dalam menata perangkat terlalu singkat.

"Laptop baru datang sekitar pukul 03.10 WIB, jaringan [internet] pun belum terkoneksi dengan pusat. Tes seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) hari ini di Yogyakarta terpaksa batal, mundur," terangnya.

Tes SKD bagi para pelamar CPNS 2018 mestinya digelar serentak secara nasional pada Jumat (26/10). Pada tahapan ini, tes SKD digelar menggunakan model Computer Assisted Test (CAT).

Adapun keseluruhan tahapan tes akan dilangsungkan pada 26 Oktober-17 November 2018.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
cpns, bkn

Sumber : Tempo
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top