Transnusa Buka Dua Rute Penerbangan dari Kertajati

Maskapai Transnusa akan menambah penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar).
Wisnu Wage Pamungkas | 19 Oktober 2018 16:04 WIB
Pekerja membersihkan ruang pengambilan bagasi di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5/2018). - ANTARA/M Agung Rajasa

Bisnis.com, BANDUNG -- Maskapai Transnusa akan menambah penerbangan dari dan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat (Jabar).

Rute yang dilayani adalah penerbangan menuju Semarang dan Bandar Lampung, dan sebaliknya. Kedua rute ini akan mulai dibuka pada November 2018.

Direktur Utama PT BIJB Virda Dimas Ekaputra mengatakan penambahan rute ini dilakukan karena demand dan potensi pasar menuju wilayah tengah dan barat Indonesia cukup besar.

Nantinya, maskapai ini juga akan membuka rute ke Yogyakarta. Adapun Bandar Lampung diharapkan dapat menjadi rute rintisan lainnya di Sumatra dan membuka rute ke Medan, Palembang, Jambi, Aceh, dan Batam.

Sejak mendapat izin penerbangan komersial pada 2011, Transnusa lebih banyak melayani penerbangan di bagian timur Indonesia. 

"Semoga ini bisa menjadi starting point penerbangan ke depannya, baik untuk BIJB maupun Transnusa. Sebelumnya, layanan menuju Surabaya sudah dibuka Citilink yang kini beroperasi setiap hari dari Kertajati," terangnya di Bandung, Jumat (19/10/2018).

Rute baru akan dibuka Transnusa pada Minggu (4/11). Selanjutnya, layanan penerbangan domestik ini bakal dioperasikan dua kali dalam sepekan, yakni Minggu dan Senin secara pulang pergi.
 
Penerbangan dari KJT (Kertajati) menuju TKG (Bandar Lampung) yakni pukul 06.30 WIB dengan jarak tempuh satu jam. Sebaliknya, TKG - KJT akan take off pukul 07.50 WIB dan tiba di tujuan pukul 08.50 WIB.
 
Adapun untuk layanan menuju Semarang, penerbangan dibuka pukul 09.10 WIB dan tiba di bandara tujuan pukul 09.55 WIB. Selanjutnya, penerbangan Semarang menuju Kertajati pesawat akan lepas landas pukul 17.25 WIB dan tiba pukul 18.10 WIB.

"Jam penerbangan ini sudah disesuaikan berdasarkan kebutuhan masyarakat," tutur Virda.
 
Sebelum penerbangan Semarang dan Bandar Lampung, Bandara Kertajati sudah melayani penerbangan domestik setiap harinya dengan tujuan Surabaya serta sebaliknya sejak Juni 2018. 
 
Terbaru adalah layanan penerbangan internasional yang ditandai dengan penerbangan secara direct Kertajati - Madinah oleh Maskapai Lion Air pada 13 Oktober 2018. Penerbangan untuk mengangkut jamaah umrah ini menggunakan pesawat tipe Boeing 737 max 8 dilakukan sekali dalam sepekan.
 
Dia menambahkan pengajuan slot dari sejumlah maskapai sudah masuk ke PT BIJB. Seluruh pengajuan slot penerbangan itu terus dalam evaluasi karena berkaitan juga dengan bandara tujuan.

Menurut Virda, rute yang kini terus dibidik adalah tujuan Denpasar, Yogyakarta, Medan, dan Makassar. Sementara itu, untuk rute internasional adalah tujuan Singapura, Malaysia, China, dan Jepang. 
 
"Karena kami targetkan di awal pengoperasian ini ada 14 penerbangan yang dilayani dari Bandara Kertajati," sebutnya.

Tag : bandara kertajati, trans nusa
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top