Bertemu PM Jepang, Wapres JK Ditawari Bantuan Gempa Palu

Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam KTT Asia-Eropa Ke-12 (ASEM12)
Lingga Sukatma Wiangga | 19 Oktober 2018 14:15 WIB
Wakil Presiden Jusuf Kalla (kiri) melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe (kanan) - Antara/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA—Wakil Presiden Jusuf Kalla bertemu dengan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam KTT Asia-Eropa Ke-12 (ASEM12). 

Jusuf Kalla mengatakan, dalam kesempatan itu Shinzo menawari bantuan dana untuk penanganan pasca bencana gempa dan tsunami di Sulawesi Tengah.

"Dia [Shinzo Abe] akan membantu berapa yang dibutuhkan untuk Indonesia. Saya bilang, nantilah kita setelah rehabilitasi kita lihat lagi," katanya dikutip dari keterangan resmi Sekretariat Wakil Presiden RI, Jumat (19/10).

Dalam kesempatan itu Jusuf Kalla atau JK pun menyempatkan diri untuk berterima kasih kepada Jepang atas bantuan sebelumnya untu penanganan pasca bencana di Palu, Sulawesi Tengah.

Adapun agenda internasional KTT ASEM ke-12 mengangkat tema Europe and Asia: Global Partners for Global Challenges. 

Pemimpin ASEM akan membahas berbagai isu, antara lain perdagangan dan investasi, konektivitas, pembangunan berkelanjutan dan iklim serta tantangan keamanan meliputi isu terorisme, non-proliferasi, keamanan siber dan migrasi.

Dalam kesempatan itu Wapres didampingi Wakil Menteri Luar Negeri Muhammad Fachir dan Kepala Sekretariat Wapres  Mohamad Oemar.

Tag : shinzo abe, Wapres JK, Gempa Palu
Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top