Lukman Hakim: Penelitian Kampus Keagamaan Islam Jangan Hanya Jadi Isi Rak

Tidak kurang 500 peneliti dan aktivis pemberdayaan berkumpul di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang untuk mengikuti The 3rd International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE) 2018.
Yodie Hardiyan | 08 Oktober 2018 21:40 WIB
Ilustrasi. - Antara / Irfan Anshori

Bisnis.com, JAKARTA – Tidak kurang 500 peneliti dan aktivis pemberdayaan berkumpul di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang untuk mengikuti The 3rd International Conference on University-Community Engagement (ICON-UCE) 2018.

Sebagian besar peserta yang hadir adalah sivitas akademika Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI). Kepada mereka, Menteri Agama Lukman Hakim mengingatkan tentang relevansi penelitian dengan kebutuhan masyarakat.

"Semua penelitian dan kajian harus berkorelasi secara kuat dalam menjawab persoalan yang dihadapi umat, problem konkrit yang dihadapi masyarakat," kata Lukman seperti dikutip dari keterangan tertulis yang dirilis di laman Kementerian Agama.

"Saya minta, seluruh hasil studi penelitian tidak lagi semata mengisi rak perpustakaan, tanpa tindaklanjut yang bermanfat bagi umat," lanjutnya.

Lukman menggarisbawahi bahwa saat ini sudah tidak dikenal lagi perguruan tinggi yang asyik sendiri di menara gading, tercerabut dari masyarakatnya. Untuk itu, seluruh riset akademik harus melahirkan temuan baru yang menjadi solusi atas persoalan umat.

"Penelitian harus melibatkan masyarakat, karena mereka adalah subjek dari perubahan itu sendiri," jelasnya.

Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama Kamaruddin Amin mengatakan bahwa sepanjang 2018 setidaknya ada 12.000 proposal penelitian yang masuk ke Kementerian Agama. Jumlah yang cukup banyak, namun masih perlu dikaji tingkat relevansinya dalam menjawab persoalan umat dan meneguhkan aspek pengabdian masyarakat.

Berbagai isu pengabdian masyarakat akan dibahas selama ICON-UCE 2018. Melalui mekanisme plenary dan panel session, peserta akan berbagi pengalaman dalam aktivitas pengabdian di kampus dan lingkungan masing-masing. Acara ini akan berlangsung 8-10 Oktober 2018.

Tag : kampus, penelitian
Editor : Miftahul Ulum

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top