Gempa Palu-Donggala: Pencarian Korban Skala Penuh Ditambah 3 Hari

Masa pencarian korban sudah memasuki hari ke-7 pascagempa bumi Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah 28 September lalu.
Muhammad Ridwan | 05 Oktober 2018 19:13 WIB
Presiden Joko Widodo (kanan) meninjau langsung proses evakuasi korban di reruntuhan Hotel Roaroa, Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (3/10/2018). - JIBI/Paulus Tandi Bone

Bisnis.com, JAKARTA - Masa pencarian korban sudah memasuki hari ke-7 pascagempa bumi Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah 28 September lalu.

Kepala Pusat Data Informasi dan Hubungan Masyarakat Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo mengatakan bahwa akan menambah tiga hari lagi untuk masa pencarian korban dengan skala penuh.

“Untuk pencarian korban sesuai dengan prosedur yang ada dari Basarnas, pencarian korban itu sebenarnya 7 hari, kemudian ditambah 3 hari artinya apa? selama 10 hari seluruh kekuatan yang ada dikerahkan untuk mencari korban,” ujarnya, Jumat (5/10/2018).

Lebih lanjut, dijelaskannya, setelah 10 hari tersebut, pencarian akan tetap dilakukan selama 7 hari kedepan.

Bedanya, dalam pencarian korban 7 hari selanjutnya itu akan dikurangi kekuatan pencariannya.

“Itu sesuai dengan mekanismenya, karena dalam proses pencarian, di atas 10 hari korban diperkirakan sudah meninggal dunia,” ungkapnya.

Dalam hal ini tim gabungan Basarnas, TNI, dan Polri, serta relawan terus melakukan evakuasi, penyelamatan, dan pencarian korban bencana gempa bumi Palu dan Donggala.

Hingga hari ini pukul 13.00 WIB, BNPB mencatat sebanyak 1571 jiwa meninggal dunia, 113 orang dinyatakan hilang, 152 orang masih tertimbun.

Tag : Gempa Palu
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top