Bawaslu Petakan Daerah Rawan di Pemilu Serentak 2019

Badan Pengawas Pemilu telah memetakan daerah di seluruh Indonesia soal indeks kerawanan pemilu serentak 2019.
Jaffry Prabu Prakoso | 25 September 2018 10:46 WIB
Penandatanganan SKB Gugus Tugas Pengawasan dan Pemantauan Iklan, Pemberitaan, dan Penyiaran Kampanye Pemilu 2019 antara Bawaslu, KPU, KPI dan Dewan Pers di Jakarta, Selasa (25/9)./JIBI - BISNIS/Jaffry Prabu Prakoso

Bisnis.com, JAKARTA — Badan Pengawas Pemilu telah memetakan daerah di seluruh Indonesia soal indeks kerawanan pemilu serentak 2019.

Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Abhan mengatakan bahwa indeks kerawanan pemilu (IKP) merupakan usaha mendeteksi berbagai jenis pelanggaran dan kerawanan pemilu.

"Skor IKP nasional berada dalam kategori sedang dengan rata-rata skor nasional sebesar 44,89 sampai 53,80. Kemudian,” katanya di Jakarta, Selasa (25/9/2018).

Abhan menjelaskan bahwa agar demokrasi substantif termanifestasi dalam pemilu yang terintegritas dapat dicapai, diperlukan langkah-langkah serius untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan pemilu di Indonesia.

Oleh karena itu, adanya IKP diharapkan menjadi kesiapan semua pemangku kepentingan dalam melaksanakan pilkada serentak 2019.

IKP 2019 diyakini memiliki bobot yang lebih kuat dari sisi metodologi, kerangka teori, maupun, maupun analisis dibandingkan IKP sebelumnya.

“Untuk memperoleh data yang valid dan akurat pada pengumpulan data, Bawaslu RI melibatkan Bawaslu di tingkat kabupaten/kota,” tutur Abhan.

Tag : Pilpres 2019, pileg 2019
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top