Presiden Jokowi Tegaskan Komitmen Hubungan Indonesia-Australia

Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia.
Yodie Hardiyan | 31 Agustus 2018 17:52 WIB
Perdana Menteri Australia Scott Morrison (kedua kiri) bersama keluarganya. - Reuters/David Gray

Bisnis.com, JAKARTA--- Presiden Joko Widodo menegaskan komitmen Indonesia untuk terus meningkatkan hubungan bilateral dengan Indonesia.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden ketika menyampaikan keterangan pers bersama Perdana Menteri Australia Scott Marrison  di Istana Kepresidenan Bogor, Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/8/2018) siang.

"Australia merupakan salah satu mitra penting Indonesia di kawasan. Australia juga merupakan salah satu mitra penting bagi Asia," kata Presiden.

Presiden mengatakan terdapat sejumlah hal yang dibahas dalam pertemuan bilateral tersebut antara lain peningkatan hubungan dari kerjasama komprehensif menjadi kerjasama strategis komprehensif.

"Kami juga menegaskan pentingnya keterbukaan ekonomi dan upaya memperkokoh hubungan ekonomi yang saling menguntungkan. Dalam kaitan ini kami menyambut baik selesainya perundingan substantif Indonesia Australia Comprehensive Economic Partnership," kata Presiden.

Di samping itu, Presiden juga menekankan pentingnya penghormatan hukum internasional dan penghormatan terhadap kedaulatan masing-masing negara. Di samping itu, sambung Presiden, Indonesia dan Australia sepakat untuk terus bekerjasama di bidang keamanan, termasuk di dalamnya keamanan siber.

"Kami memiliki komitmen yang tinggi untuk terus berkolaborasi dalam penanganan isu kawasan dan dunia termasuk di dalamnya pemberantasan terorisme dan melanjutkan komunikasi mengenai pengembangan konsep Indopasifik serta mengenai isu Palestina," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
australia

Editor : Martin Sihombing

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top