Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Lima Bayi Ini Lahir 17 Agustus di Sabang

Uniknya, operasi dimulai sejak bendera mulai dikibarkan saat upacara bendera. Setelah itu, operasi caesar terakhir baru selesai seiring dengan penurunan bendera merah putih pada sore hari.
Seorang ibu menggendong bayinya./Istimewa
Seorang ibu menggendong bayinya./Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA - Lima bayi lahir bertepatan dengan hari peringatan kemerdekaan RI Ke-73 di Pulau Weh, Sabang, Jumat (17/8/2018). Kelima bayi tersebut lahir melalui operasi caesar di Rumah Sakit Umum Sabang.

Salah seorang tim dokter dalam operasi tersebut, dr Niza Novrizal mengatakan lima ibu hamil dioperasi secara bergiliran sejak pukul 9.00 WIB sampai sore hari. Tindakan medis tersebut telah sesuai indikasi yang mengharuskan operasi segera dikarenakan kehamilan yang disertai pre eklamsi berat (FEB) pada sang ibu.

"Operasi dimulai sejak pukul 9.00 WIB sampai 12.00 WIB, lahir 3 orang bayi. Selanjutnya pukul 14.45 WIB hingga 17.30 WIB kami membantu kelahiran 2 orang bayi. Bayi lahir secara SC sesuai indikasi medis, sehat dan selamat," kata dr Niza saat dihubungi Bisnis, Sabtu (18/8/2018) dini hari.

Proses persalinan tersebut dilakukan oleh dr Selamat dan didampingi oleh dr Elvina Yulianti dan dr Niza Novrizal. Hingga kini ke lima bayi tersebut masih mendapat perawatan di ruang bayi RSU Sabang. Seluruh bayi juga belum diberi nama oleh orangtuanya.

Uniknya menurut Niza, operasi dimulai sejak bendera mulai dikibarkan saat upacara bendera. Setelah itu, operasi caesar terakhir baru selesai seiring dengan penurunan bendera merah putih pada sore hari.

"Saat bendera dikibarkan, kami memulai operasi, dan saat bendera diturunkan, kebetulan saat itu pula operasi selesai," katanya.

Satu dari lima bayi tersebut sempat kritis dikarenakan kehamilan yang disertai penyulit dan berat badan lahir yang rendah. Namun, saat ini bayi mulai stabil dan berangsur membaik.

"Operasi tersebut dilakukan sesuai dengan indikasi medis diantaranya dikarenakan kehamilan yany disertai pre eklamsi berat dan lainnya," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Rayful Mudassir
Editor : Fajar Sidik
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper