Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mahasiswa ITS Bikin Market Place Online Jasa 3D Printing

Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan market place online yang diberi nama Tigadeku yakni nasa prototype, desain dan scanning 3D.
 Institut Teknologi Sepuluh Nopember/Istimewa
Institut Teknologi Sepuluh Nopember/Istimewa

Bisnis.com, SURABAYA - Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya menciptakan market place online yang diberi nama Tigadeku yakni nasa prototype, desain dan scanning 3D.

Mahasiswa tersebut di antaranya adalah Imam Bagaskara, Dimas Bayu Prihandana, Hamasah Dinillah, dan Surya Pusparina asal Departemen Desain Produk Industri ITS.

Ketua tim, Imam Bagaskara menjelaskan selama ini prototipe menjadi barang yang dibutuhkan, terutama dalam bidang desain. Pasalnya, prototipe merupakan gambaran awal dari sebuah ide sebelum nantinya direalisasikan menjadi produk yang sebenarnya.

"Melihat peluang itu, kami menggagas ide untuk menyediakan market place online Tigadeku (3D)," katanya dalam rilis, Selasa (14/8/2018).

Dia mengatakan layanan jasa yang ditawarkan oleh Tigadeku dijual secara terpisah. Pelanggan dapat memesan jasa desainnya saja, prototipe, scanning, atau juga bisa memesan desain sekaligus prototipenya.

"Pelanggan dapat memesan sesuai keinginan dan hasilnya dalam bentuk soft file," ujarnya.

Bagas menjelaskan sebelum dicetak menggunakan alat 3D printer dalam pembuatan prototipe, file desain terlebih dahulu mengalami proses slicing.

"Proses tersebut berfungsi untuk mengatur jenis material yang akan digunakan, suhu, skala, ketebalan, penataan tempat dan lain-lain,” jelasnya.

Hamasah Dinillah menambahkan Tigadeku sudah menggunakan website resminya yaitu 3deku.com dan akun media sosial intagram tigadekoe. Selain menerima pesanan secara online, Tigadeku juga menerima pesanan secara offline atau langsung.

"Untuk mahasiswa sendiri Tigadeku menyiapkan harga khusus yang lebih terjangkau," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper