Jelang Armina, Jemaah Haji Harus Ekstra Jaga Kesehatan

Kepala Bidang Kesehatan Haji Indonesia di Arab Saudi, Melzan Dharmayuli, menyatakan Kementerian Kesehatan senantiasa mengingatkan jemaah agar jaga kesehatan, apalagi saat menjelang puncak pelaksanaan haji.
Nur Faizah Al Bahriyatul Baqiroh | 06 Agustus 2018 19:52 WIB
Prosesi ibadah haji di Masjidil Haram, Makkah. - Reuters/Amr Abdallah Dalsh

Bisnis.com, JAKARTA – Kepala Bidang Kesehatan Haji Indonesia di Arab Saudi, Melzan Dharmayuli, menyatakan Kementerian Kesehatan senantiasa mengingatkan jemaah agar jaga kesehatan, apalagi saat menjelang puncak pelaksanaan haji di Arafah-Mudzalifah dan Mina (Armina).

“Saat ini jemaah gelombang pertama dari Madinah sudah bergerak ke Makkah. Penyuluhan kepada jemaah tetap diberikan. Intinya tentang penggunaan APD dan persiapan Armina,” tuturnya dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis pada Senin (6/8/2018).

Dia meminta para jemaah agar mematuji arahan tim kesehatan supaya dapat dapat melaksanakan ibadah secara optimal.

Melzan juga mengingatkan kepada jemaah untuk selalu menggunakan lima alat pelindung diri (APD) yaitu payung, kacamata, masker, seprotan air, dan alas kaki.

“Untuk Armina, jemaah diingatkan untuk pakai APD, sering minum jangan menunggu haus, kurangi aktivitas di luar tenda, bawa obat pribadi optimalisasi oralit dan peduli antarjemaah,” lanjutnya.

Selain itu, untuk mengingatkan jemaah dalam menjaga kesehatan, Tim Promotif Preventif (TPP) telah memberikan penyuluhan pada 327 kloter, mendistribusikan 2.075 poster dan 200 standing banner berisi pesan kesehatan, membagikan APD, dan melakukan deteksi dini masalah kesehatan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
kemenkes, Ibadah Haji

Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top