Gempa Lombok Terasa Hingga Denpasar Bali

Gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang Pulau Lombok Timur, NTB dan menyebabkan beberapa bangunan rusak.
Feri Kristianto | 29 Juli 2018 08:46 WIB
Foto udara gugusan pulau Tiga Gili (dari kiri ke kanan, Gili Trawangan, Gili Meno dan Gili Air) di pesisir pantai Desa Gili Indah, Kecamatan Pemenang, Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, NTB, Jumat (20/1/2012). - Antara

Bisnis.com, DENPASAR—Gempa berkekuatan 6,4 skala richter mengguncang Pulau Lombok Timur, NTB dan menyebabkan beberapa bangunan rusak.

Guncangan gempa juga terasa di Kota Denpasar, Bali namun belum diketahui apakah menyebabkan kerusakan. Menuru Kepala Pusat Data dan Informasi BPNB Sutopo Purwo Nugroho gempa berpusat di 28 Km barat laut Lombok Timur dan tidak berpotensi tsunami.

“Saat ini masih berlangsung beberapa gempa susulan dengan intensitas gempa yang lebih kecil,” jelasnya dikutip dari siaran pers, Minggu (29/7/2018.

Sutopo menjelaskan pendataan kerugian materiil masih di lakukan. Namun di Lombok timur untuk sementara dilaporkan ada kerusakan di Kecamatan Sambelia dan Sembalum.

Selain itu di Lombok utara juga terjadi di kecamatan Bayan. Di Kabupaten Sumbawa Barat dilaporka 1 unit rumah robohdi Desa Tepas Sepakat Kecamatan Brang Rea.

Di daerah Lombok Timur gempa juga dirasakan kuat sekali selama -+ 10 detik membuat warga sempat panik keluar rumah.

“Untuk sementara pendakian gunung Rinjani ditutup karena ada indikasi longsor berupa debu disekitar gunung,” jelasnya.

 

Tag : gempa
Editor : Fajar Sidik

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top