Menteri Agama Ajak Jemaah Haji Doakan Kesejahteraan Bangsa

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak jemaah haji Indonesia, yang mulai Selasa (17/7/2018) berangkat ke Tanah Suci, Arab Saudi, mendoakan negara dan bangsa Indonesia.
Yodie Hardiyan | 17 Juli 2018 18:47 WIB
Para jemaah ibadah haji ketika berada di Mina pada musim haji tahun lalu. - Reuters/Suhaib Salem

Bisnis.com, JAKARTA – Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengajak jemaah haji Indonesia, yang mulai Selasa (17/7/2018) berangkat ke Tanah Suci, Arab Saudi, mendoakan negara dan bangsa Indonesia.

"Karena bapak dan ibu akan berada di tempat yang mustajab, dan di waktu yang mustajab juga, mohon doakan negara dan bangsa Indonesia ini agar kita semakin mampu meningkatkan kesejahteraan kita," ajak Lukman saat melepas jemaah Embarkasi Surabaya Kelompok Terbang 01 (SUB 01), di Asrama Haji Sukolilo, Surabaya, Jawa Timur, seperti dikutip dari keterangan tertulis.

Menteri Agama juga berpesan agar jemaah haji mematuhi semua panduan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Menurutnya, kepatuhan jemaah tersebut penting agar jemaah haji dapat melaksanakan ibadah haji dengan maksimal dan optimal.

"Pelajari betul panduan yang telah dikeluarkan oleh pemerintah. Dalam hal ini, panduan yang telah dikeluarkan oleh Kemenag, Kemenkes, dan lembaga berwenang lainnya," kata Lukman.

Menag mengingatkan jemaah haji agar dapat menjadi duta-duta bangsa selama di Tanah Suci. Sebab, selain masyarakat di Tanah Air, perilaku jemaah haji Indonesia juga akan dilihat masyarakat dunia.

"Pesan saya, pandai-pandai menempatkan diri. Karena kita hakekatnya adalah teladan bagi yang lain," ujar Lukman.

Pada 1439H/2018M, Embarkasi Surabaya akan melayani 37.055 jemaah haji yang berasal dari tiga provinsi yaitu Jawa Timur, Bali, dan Nusa Tenggara Timur. Jumlah tersebut terdiri dari 35.210 calon jemaah haji asal Jatim, 700 asal Bali, dan 670 asal NTT.

Tag : Ibadah Haji
Editor : M. Syahran W. Lubis

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top