Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Ikatan Persaudaraan Haji Diminta Ikut Berantas Penipuan Umroh

Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI) diminta ikut mencegah terjadinya penipuan terhadap calon jamaah umroh dan haji yang banyak merugikan masyarakat hingga miliaran rupiah.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 10 Juli 2018  |  11:20 WIB
Ikatan Persaudaraan Haji Diminta Ikut Berantas Penipuan Umroh
Suasana jamaah ibadah umrah di sekitar Kabah, di Makah, Arab Saudi. - JIBI/Istimewa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA-Ikatan Persaudaran Haji Indonesia (IPHI) diminta ikut mencegah terjadinya penipuan terhadap calon jamaah umroh dan haji yang banyak merugikan masyarakat hingga miliaran rupiah.

Sekretaris Jendral Pengurus Pusat (PP) IPHI, Samidin Nashir, mengatakan penegasan agar IPHI ikut mencegah terjadinya kasus penipuan terhadap calon jamaah umroh dan haji itu disampaikan Ketua MPR-RI, Zulkifli Hasan.

“Apa yang menjadi harapan Pak Zulkifli kepada IPHI sudah selaras dengan rekomendasi Rapat Kerja Nasional IPHI baru-baru ini,” katanya, Selasa (10/7/2018)

Menurutnya, IPHI berkomintmen untuk menjadi mitra strategis pemerintah dalam mencegah berbagai penipuan terhadap calon jamaah serta memberikan masukan bagi perbaikan penyelenggaraan perjalanan umroh dan haji.

Selain itu, lanjut Ketua Komisi Pengawas Haji Indonesia (KPHI) tersebut, IPHI juga siap menjadi mitra pemerintah dalam penyelesaian berbagai masalah keumatan maupun kebangsaan.

Samidin menjelaskan sejauh ini relatif sedikit pejabat publik yang peduli terhadap IPHI, yang mempunya posisi dan peran strategis bagi ummat dan bangsa ini, mengingat anggotanya mencapai jutaan orang, tersebar di seluruh wilah Indonesia.

Untuk itu pihaknya memberikan IPHI Award kepada Ketua MPR-RI, Zulkifli Hasan karena kepeduliannya kepada IPHI dan sering memfasilitasi penyelenggaraan berbagai kegiatan, seperti temu tokoh nasional di Gedung Nusantara V, Komplek Parlemen Senayan, Jakarta, baru-baru ini.

Sementara itu Ketua MPR-RI, Zulkifli Hasan, sebelumnya mengatakan IPHI dengan jajaran pengurus dan jutaan anggotanya yang tersebar di seluruh Tanah Air dapat membantu mencegah terjadinya penipuan terkait umroh dan haji.

"Penipuan ini sangat memprihatinkan, menyebabkan ribuan orang gagal ke Mekah, atau terlantar. Kasihan mereka, ada yang jual sapi dan jual tanah. Ada uang triliunan rupiah dari masyarakat yang jadi korban,” katanya.

Menurutnya, IPHI sebagai organisasi yang anggotanya jutaan orang, juga sangat strategis sebagai kekuatan moral untuk menjaga masyarakat dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dalam hal itu, ujarnya, maka IPHI juga dapat berperan sebagai mitra pemerintah untuk mensosialisasikan Nilai-nilai 4 Pilar Strategis yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

"Untuk itu para haji seharusnya menjadi teladan dan sosok yang Pancasilais. Sebab, bersama ulama bisa menjadi penyejuk ummat yang dilanda berbagai krisis," tegasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Ibadah Haji umroh
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top