Jokowi: Belum Ada Menteri yang Ingin Jadi Caleg

Presiden Joko Widodo menyatakan sampai saat ini belum ada menteri Kabinet Kerja yang telah menyatakan niatnya menjadi calon legislatif (caleg) dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019.
Yodie Hardiyan | 06 Juli 2018 16:48 WIB
Presiden Joko Widodo (keempat kanan) mengunjungi pameran Indo Livestock 2018 Expo & Forum di Jakarta, Jumat (6/7/2018). Pameran ini menampilkan aneka produk industri peternakan, kesehatan hewan, pakan ternak, pengolahan susu dan perikanan. - JIBI/Yodie Hardiyan

Bisnis.com, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo menyatakan sampai saat ini belum ada menteri Kabinet Kerja yang telah menyatakan niatnya menjadi calon legislatif (caleg) dalam Pemilihan Umum Legislatif 2019.

Pernyataan itu disampaikan oleh Presiden ketika ditanya mengenai isu adanya menteri yang hendak menjadi caleg seusai Kepala Negara menghadiri pameran produk peternakan Indo Livestock 2018 Expo & Forum di Jakarta Convention Center, Jakarta, Jumat (6/7/2018).

"Sampai sekarang belum ada yang menyampaikan kepada saya," kata Presiden, yang menyatakan dirinya mempersilakan apabila ada menteri yang akan mengambil keputusan tersebut.

Jokowi menilai wajar jika ada menteri yang berencana menjadi caleg. Menurutnya, sebagian menteri di Kabinet Kerja berasal dari partai politik sehingga akan ditugaskan oleh partainya untuk hal-hal berkaitan politik.

Menteri yang sudah menyampaikan akan menjadi caleg dapat mengajukan cuti agar pencalonannya sebagai anggota legislatif tidak mengganggu tugas di pemerintahan.

Apabila ada menteri yang cuti, maka tugasnya akan digantikan oleh menteri lain. Mekanisme tersebut berlaku seperti ketika menteri sedang bertugas ke luar negeri.

Isu mengenai adanya menteri yang hendak mengundurkan diri dari kabinet karena hendak mendaftar menjadi caleg dilontarkan oleh Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi. Dia mengungkapkan dirinya mendengar informasi mengenai hal tersebut.

Tag : jokowi, pileg 2019
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top