Pemilu Turki: Erdogan Menang Mutlak

Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali memenangkan pemilihan presiden dalam satu kali putaran, demikian disampaikan Komisi Pemilihan Umum setempat.
John Andhi Oktaveri | 25 Juni 2018 09:58 WIB
Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan berdiri di hadapan para pendukungnya di Istanbul, Turki pada Minggu (24/6). - Reuters/Osman Orsal

Bisnis.com, JAKARTA — Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan kembali memenangkan pemilihan presiden dalam satu kali putaran, demikian disampaikan Komisi Pemilihan Umum setempat.

Ketua Komisi Pemilihan Turki Sadi Guven mengatakan bahwa Erdogan meraih kemenangan mutlak meski ia tidak memerinci berapa persen kemenangan tersebut.

Media pemerintah melaporkan bahwa Erdogan menguasai 53% dari 99% suara yang telah dihitung. Sedangkan pesaing utamnya, Muharrem Ince, hanya menguasai 31% suara pemilih sebagaimana dikutip BBC.com, Senin (25/6/2018).

Hingga kini pihak oposisi belum menyampaikan pidato pengakuan. Akan tetapi mereka menyatakan akan terus memperjuangkan demokrasi apapun hasilnya.

Pihak oposisi sempat meragukan hasil pemilu yang diumumkan media pemerintah. Sedangkan hasil resmi dari pemilu yang digelar kemarin waktu setempat akan diumumkan pada Jumat mendatang.

Erdogan mengatakan bahwa koalisi Partai AK yang dipimpinnya juga meraih suara mayoritas di parlemen.

"Turki telah memberikan pelajaran berdemokrasi kepada seluruh dunia,” ujarnya.

 

Tag : turki, Recep Tayyip Erdogan
Editor : Saeno

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top