Mendikbud Apresiasi Pesta Kesenian Bali

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengapresiasi pemerintah dan masyarakat Provinsi Bali yang sukses menggelar Pesta Kesenian
Amanda Kusumawardhani | 24 Juni 2018 20:30 WIB
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy - Antara

Bisnis.com, JAKARTA --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengapresiasi pemerintah dan masyarakat Provinsi Bali yang sukses menggelar Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-40 pada tahun ini.

PKB yang ke-40 tahun ini akan berlangsung selama satu bulan sejak tanggal 23 Juni-21 Juli 2018. Kegiatannya diformulasikan dalam bentuk pawai, pagelaran, lomba parade, pameran dan sarasehan dengan menampilkan 271 kesenian dari seluruh kabupaten/kota Provinsi Bali serta didukung oleh sekitar 17.000 orang seniman.
 
“Baik secara pribadi maupun sebagai menteri, saya menyampaikan apresiasi yang sangat tinggi kepada seluruh masyarakat Provinsi Bali dan juga Bapak Gubernur yang telah berpartisipasi luar biasa di dalam memajukan kebudayaan di Republik Indonesia ini," katanya, dikutip dari keterangan resminya, Minggu (24/6).

Menurutnya, seni adalah ekpresi jiwa rakyat Bali dan menjadi cermin peradaban budaya Bali. Saat ini, dia mengungkapkan dunia kagum pada Bali tidak hanya karena karya seninya tetapi proses berkesenian dalam kehidupan sehari-hari.

Selain memberikan apresiasi terhadap kesenian di Bali, Muhadjir menekankan bahwa seni juga harus dipandang sebagai sarana untuk mempererat tali persaudaraan, persahabatan dan persatuan.

“Oleh karena itu, seni dan budaya harus mewarnai arah dan kerja pembangunan bangsa kita yang sangat majemuk ini, tidak hanya membangun fisik tetapi membangun infrastruktur budaya," ujarnya.

Sementara itu, Gubernur Provinsi Bali Mangku Pastike melaporkan pesta ini merupakan wahana untuk merepresentasikan hasil karya seni keunggulan dan keagungan peradaban dengan ruang lingkup kegiatan yang berskala lokal, nasional maupun internasional.

“Acara ini merupakan acara puncak apresiasi seniman Bali yang rutin diselenggarakan setiap tahun serta dibanggakan dan dinanti-nantikan oleh seluruh masyarakat Bali,” tambahnya.

Tema yang diangkat pada PKB ke-40 tahun ini adalah 'Teja Darmaning Kahuripan' yang bermakna api spirit penciptaan.

Disamping itu, seperti pada tahun-tahun sebelumnya, PKB ke-40 tahun ini memberikan kesempatan kepada seniman daerah dari luar Bali seperti D.K.I. Jakarta, D.I. Yogyakarta, Lampung, Kota Bandung, Temanggung, Blitar, Batu, Magelang, Balikpapan, Bima dan Papua. Selain itu ada beberapa negara yang turut berpartisipasi yaitu India, Jepang, Peru, dan China.

Tag : bali
Editor : Andhika Anggoro Wening

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top