JELAJAH JAWA BALI 2018: Mudik Jarak Jauh, Jangan Lupa Cek Kondisi Mobil di Perjalanan

Pengecekan kendaraan di tengah perjalanan jarak jauh sebenarnya menjadi hal wajib untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima hingga sampai pada tujuan.
Tim Jelajah Jawa-Bali 2018 | 13 Juni 2018 06:43 WIB
Kesehatan kendaraan mesti mendapat perhatian ketika mudik. Toyota menyiapkan posko siaga di sepanjang jalur mudik di Pulau Jawa, termasuk di Situbondo, Jawa Timur. - Bisnis/Oktaviano DB Hana

Bisnis.com, SITUBONDO – Pengecekan kendaraan di tengah perjalanan jarak jauh sebenarnya menjadi hal wajib untuk memastikan kendaraan dalam kondisi prima hingga sampai pada tujuan.

Langkah itu sama pentingnya dengan pengecekan sebelum dan sesudah perjalanan jarak jauh.

Dandi Arfianto, Service Advisor Posko Siaga Toyota di rest area Banyuglugur Utama Raya, Situbondo, Jawa Timur (Jatim) mengatakan pengecekan di tengah perjalanan itu memang seharusnya dilakukan dalam perjalanan jarak jauh.

Dia mengungkapkan pada periode Lebaran 2018, cukup banyak pengendara yang berkunjung ke Posko Siaga Toyota yang berlokasi di Jl. Raya Banyuglugur - Situbondo ini.

“Sejak buka dari 8 Juni 2018 sudah ada 185 unit [kendaraan] yang CPUS [pengecekan kendaraan dan perbaikan berbayar],” ujar Dandi kepada Tim Bisnis Indonesia Liputan Lebaran Jelajah Jawa-Bali (LL-JJB) 2018, Selasa (12/6/2018).

Jumlah itu, jelasnya, belum termasuk dengan jumlah pengendara yang sekadar mengunjungi posko untuk beristirahat sejenak. 

Dandi menilai pada periode mudik Lebaran 2018 lonjakan kunjungan terutama terjadi pada 9-11 Juni 2018.

“Mayoritas cek tekanan ban dan air,” sebutnya.

Dilihat dari asalnya, pengunjung posko siaga Toyota mayoritas berasal dari Jabodetabek dan Bali. Adapun untuk jenis kendaraan, umumnya Innova dan Avanza.
“Prediksi kami lebih rami sekitar tanggal 13 atau 14 Juni 2018. Trennya seperti itu," tambah Dandi.

Pantauan arus mudik dari tim LL-JJB 2018 juga bisa disaksikan langsung melalui akun Instagram Bisnis, @bisniscom.

Tim Peliput: Finna U. Ulfah, Jaffry Prabu Prakoso, Hafiyyan, Oktaviano DB Hana.

Sumber : tim jelajah

Tag : tim jelajah jawa-bali, Mudik Lebaran 2018
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top