Pencarian Malaysia Airlines MH370 Resmi Berakhir Hari Ini

Pencarian terhadap pesawat Malaysia Airlines MH370 akan resmi berakhir Selasa (29/5/2018). Hingga akhir pencarian, Ocean Infinity belum berhasil menemukan pesawat yang hilang empat tahun lalu itu.
Annisa Margrit | 29 Mei 2018 12:32 WIB
Penemuan puing pesawat diduga dari pesawat Malaysia Airlines MH370 di Pulau La Reunion pada 2015. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA -- Pencarian terhadap pesawat Malaysia Airlines MH370 akan resmi berakhir Selasa (29/5/2018). Hingga akhir pencarian, Ocean Infinity belum berhasil menemukan pesawat yang hilang empat tahun lalu itu.

Pekan lalu, Menteri Transportasi Malaysia Anthony Loke menyampaikan pencarian yang dilakukan oleh Ocean Infinity--perusahaan pencari asal AS--akan berakhir pada 29 Mei 2018 setelah berlangsung sejak 17 Januari 2018.

Sebenarnya, Ocean Infinity sudah selesai melakukan pencarian di area sasarannya pada April 2018 dan meminta perpanjangan waktu hingga 29 Mei. Perpanjangan waktu diberikan, tapi tidak ada perpanjangan kedua.

Dilansir dari BBC, Selasa (29/5), Ocean Infinity menggunakan kapal selam laut dalam untuk pencarian selama 90 hari di selatan Samudera Hindia. Namun, perusahaan tersebut tidak menemukan apapun.

Pesawat tersebut hilang pada 8 Maret 2014 dalam perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Tercatat terdapat 239 orang dalam pesawat itu.

Pencariannya menjadi salah satu operasi terbesar dalam sejarah penerbangan dan mencakup pencarian di atas serta di bawah laut.

Sebelum Ocean Infinity melakukan pencarian, tim pencari yang melibatkan Australia, Malaysia, dan China telah menyisir area seluas 120.000 kilometer (km) persegi. Tim tersebut sudah mengakhiri operasi yang bernilai US$157 juta itu pada Januari 2017.

Meski puing-puing pesawat telah ditemukan di beberapa lokasi, seperti Madagaskar dan Pulau Reunion, tapi misteri hilangnya pesawat itu belum terpecahkan. Bagian badan pesawat yang lebih besar pun masih belum ditemukan hingga kini.

Pemerintah Malaysia mengungkapkan Ocean Infinity tidak dibayar dalam operasi pencarian ini, kecuali mereka berhasil menemukan puing-puing pesawat serta kotak hitamnya.

Jika perusahaan itu dapat menemukan MH370 di area seluas 5.000 kilometer persegi, maka mereka akan mendapat bayaran sebesar US$20 juta. Jika ditemukan di area seluas 10.000 kilometer persegi, pembayarannya menjadi US$30 juta.

Jika ditemukan di area seluas 25.000 kilometer persegi, biaya yang dibayarkan adalah US$50 juta. Lalu, jika ditemukan di area yang lebih luas lagi maka pembayarannya ditetapkan senilai US$70 juta.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
malaysia airlines

Sumber : BBC, Reuters
Editor : Annisa Margrit

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top