Hadapi Perang Harga Grosir, Amazon Beri Tawaran Spesial ke Pelanggan Premium

Amazon.com Inc dan Whole Foods Market membuat gebrakan baru di dalam perang harga grosir.
Dwi Nicken Tari | 17 Mei 2018 18:44 WIB
Seorang pengemudi Amazon.com Inc berdiri di samping truk di Los Angeles, California, Amerika Serikat. - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA – Amazon.com Inc melalui Whole Foods Market membuat gebrakan baru di dalam perang harga grosir.

Pada Rabu (17/5/2018), Whole Foods meluncurkan program loyalitas yang telah lama dinanti, yaitu penawaran diskon spesial untuk pelanggan premium.

Program itu berisi potongan 10% untuk penjualan ratusan barang dan akan dirotasi per minggu spesial, misalnya diskon sebesar US$10 per pound untuk daging stik halibut.

Adapun, penawaran itu kini hanya tersedia di Florida dan akan diberlakkukan untuk semua gerai mulai musim panas ini. Amazon sebelumnya memberikan biaya gratis untuk pengiriman yang memakan waktu dua jam dari gerai Whole Foods untuk pelanggan premium.

Adapun pelanggan premium adalah kelompok berlangganan dengan fitur kecepatan pengiriman dan video streaming di Whole Foods.

Strategi loyalitas baru ini akan mengetes apakah kesepakatan Amazon sebesar US$13,7 miliar dengan Whole Foods dapat memicu perang intensifikasi harga dengan industri grosir AS senilai US$800 miliar yang didominasi oleh Walmart Inc. dan Kroger Co.

Pendiri dan CEO Whole Foods John Mackey menyatakan, dengan 463 toko Whole Foods di AS yang kurang lebih memiliki porsi 1% dari seluruh pasar grosir AS, telah memperoleh momentum sejak merger dengan Amazon musim panas lalu.

“Melihat lebih cermat ukuran keranjangnya – jumlah barang yang dapat dibeli per transaksi – telah tumbuh sejak merger itu,” kata Mackey seperti dikutip Reuters, Kamis (17/5/2018) tetapi tidak memberikan rinciannya.

Adapun Mackey bertaruh atas pelanggan premium untuk meyakinkan kewaspadaan pembeli terhadap reputasi “Whole Paycheck”, bahwa itu merupakan pilihan yang terjangkau untuk sebagian besar belanja mereka.

Berdasarkan analisis Morgan Stanley, fasilitas baru ini bisa membuat Whole Foods lebih murah ketimbang grosir konvensional, setidaknya bagi sekitar 8 juta pembelinya yang telah berlangganan untuk Amazon Prime.

Pengguna premium dapat memindai lewat aplikasi atau memasukkan nomor ponsel mereka saat checkout untuk mendapatkan potongan harga dari program tersebut.

Namun, pembeli Whole Foods di area Philadelphia dan anggota premiuim, Heather Kincade, masih perlu diyakinkan.

Sementara harga Whole Foods untuk barang-barang seperti ayam rotisserie, pisang, dan alpukat telah turun, namun dia masih merasa harga beberapa barang masih sangat mahal.

“Jika saya membeli sabun cuci piring dan benda lainnya di sana, saya akan menjadi terkenal,” katanya.

Adapun di dalam Amazon, Whole Foods telah menemukan pemilik yang terkenal dengan kenyamanannya menggunakan laba untuk bisnis baru atau membuat harga rendah.

“Mengingat betapa pentingnya bagi Amazon untuk memberikan nilai bagi pelanggan mereka dan pelanggan menginginkan harga rendah. Menurut saya mereka akan nyaman mengoperasikan Whole Foods di margin rendah sementara bereksperimen dengan model operasional,”kata Tom Furphy, Direktur Eksekutif Consumer Equity Partners

Tag : amazon.com
Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top