Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Survei Pilgub Jabar 2018 : Ridwan Kamil-Uu Jawara

Jika Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Jabar) 2018 digelar awal Maret, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum keluar sebagai pemenang kontestasi.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 15 Maret 2018  |  14:22 WIB
Survei Pilgub Jabar 2018 : Ridwan Kamil-Uu Jawara
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (Emil) telah memilih Uu Ruhzanul Ulum sebagai pendampingnya di Pilgub Jabar 2018 dengan nama pasangan 'Rindu', gabungan dari nama Ridwan dan Uu.
Bagikan

Kabar24.com, JAKARTA - Jika Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Jabar) 2018 digelar awal Maret, pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum keluar sebagai pemenang kontestasi.

Demikian temuan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) ketika melakukan survei pada 1-8 Maret 2018. Sampel dari jajak pendapat tersebut adalah 801 responden se-Jawa Barat yang memiliki hak pilih. Marjin kesalahan rata-rata sebesar +/- 3,5% pada tingkat kepercayaan 95%.

Pasangan Ridwan-Uu dipilih oleh sekitar 43,7% responden. Duet tersebut unggul dari Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi 30,7%, Sudrajat-Ahmad Syaikhu 4,6%, dan Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan 2,8%.

"Terdapat 18,2% responden yang menjawab tidak tahu atau belum memiliki pilihan ketika pilkada digelar saat survei," kata Direktur Riset SMRC Deni Irvani di Jakarta, Kamis (15/3/2018).

Selain pasangan calon, SMRC juga menanyakan kepada responden pilihan mereka terhadap calon gubernur tanpa menyertakan calon wakil gubernur. Hasilnya, Ridwan Kamil berhasil mengungguli 3 cagub lainnya.

Ridwan mendapatkan 42,3% suara, disusul Deddy Mizwar 30,2%, Sudrajat 4,3%, dan nomor buntut Hasanuddin 3%. Untuk kategori ini, ada 20,1% responden yang tidak menjawab pilihan mereka.

"Trennya terjadi peningkatan elektabilitas dari survei-survei 1 tahun terakhir khususnya untuk Ridwan dan Deddy," ujar Deni.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilgub Jabar 2018
Editor : Nancy Junita
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

back to top To top