Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Polemik Penjabat Gubernur Jabar, Tjahjo: Semua Sesuai Mekanisme

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku telah melaporkan perihal polemik penjabat (pj) gubernur kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto.
Tjahjo Kumolo/Antara-M. Agung Rajasa
Tjahjo Kumolo/Antara-M. Agung Rajasa

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku telah melaporkan perihal polemik penjabat (pj) gubernur kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto.

Dengan demikian, permasalahan pj selanjutnya akan ditangani langsung oleh Wiranto. “Masalah ini diambil alih oleh Pak Menko Polhukam,” ujar Tjahjo dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (30/1/2018).

Dia menjelaskan, Menko Polhukam Wiranto juga yang nantinya melaporkan persoalan pj kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pak Menko Polhukam, segera sepulang Bapak Presiden, beliau akan lapor kepada Bapak Presiden untuk mengambil langkah-langkah kebijakan. Karena mengandung opini pro dan kontra,” imbuhnya.

Tjahjo menyampaikan permohonan maaf kepada Wiranto apabila permintaan perwira tinggi (pati) Polri menjadi pj menuai polemik di publik.

“Saya juga menyampaikan maaf kalau sampai terjadi opini begini. Semua sesuai dengan mekanisme,” ucapnya.

Tjahjo mengaku bersedia diberi sanksi berupa teguran dari Presiden Jokowi. Walau, kebijakan yang dilaksanakan mengacu pada mekanisme.

“Saya siap diberi sanksi teguran dari Bapak Presiden, tapi yang saya laksanakan sesuai aturan dan mekanisme,” ungkapnya.

Seperti diketahui, sejumlah pihak meminta rencana pj gubernur berasal dari pati Polri ditinjau ulang. Namun, pihak tertentu memandang hal tersebut bukan bentuk pelanggaran regulasi.

Adapun dua pati yang diajukan Polri kepada Mendagri yakni Asisten Operasi Kapolri Irjen M Iriawan di Jawa Barat (Jabar) dan Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin di Sumatera Utara (Sumut).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper