Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com

Konten Premium

Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Polemik Penjabat Gubernur Jabar, Tjahjo: Semua Sesuai Mekanisme

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku telah melaporkan perihal polemik penjabat (pj) gubernur kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 30 Januari 2018  |  17:22 WIB
Polemik Penjabat Gubernur Jabar, Tjahjo: Semua Sesuai Mekanisme
Tjahjo Kumolo - Antara/M. Agung Rajasa
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengaku telah melaporkan perihal polemik penjabat (pj) gubernur kepada Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Wiranto.

Dengan demikian, permasalahan pj selanjutnya akan ditangani langsung oleh Wiranto. “Masalah ini diambil alih oleh Pak Menko Polhukam,” ujar Tjahjo dalam keterangan resmi, dikutip Selasa (30/1/2018).

Dia menjelaskan, Menko Polhukam Wiranto juga yang nantinya melaporkan persoalan pj kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Pak Menko Polhukam, segera sepulang Bapak Presiden, beliau akan lapor kepada Bapak Presiden untuk mengambil langkah-langkah kebijakan. Karena mengandung opini pro dan kontra,” imbuhnya.

Tjahjo menyampaikan permohonan maaf kepada Wiranto apabila permintaan perwira tinggi (pati) Polri menjadi pj menuai polemik di publik.

“Saya juga menyampaikan maaf kalau sampai terjadi opini begini. Semua sesuai dengan mekanisme,” ucapnya.

Tjahjo mengaku bersedia diberi sanksi berupa teguran dari Presiden Jokowi. Walau, kebijakan yang dilaksanakan mengacu pada mekanisme.

“Saya siap diberi sanksi teguran dari Bapak Presiden, tapi yang saya laksanakan sesuai aturan dan mekanisme,” ungkapnya.

Seperti diketahui, sejumlah pihak meminta rencana pj gubernur berasal dari pati Polri ditinjau ulang. Namun, pihak tertentu memandang hal tersebut bukan bentuk pelanggaran regulasi.

Adapun dua pati yang diajukan Polri kepada Mendagri yakni Asisten Operasi Kapolri Irjen M Iriawan di Jawa Barat (Jabar) dan Kadiv Propam Polri Irjen Martuani Sormin di Sumatera Utara (Sumut).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Jokowi gubernur jabar wiranto tjahjo kumolo
Editor : Yusuf Waluyo Jati
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top