Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Awas, Gerhana Bulan Total Timbulkan Gelombang Pasang. Ini Lokasinya

Gerhana bulan total akan berdampak terjadinya gelombang pasang 11,4 meter di sejumlah titik pesisir pantai di pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.
Gerhana bulan/Antara-Nyoman Budhiana
Gerhana bulan/Antara-Nyoman Budhiana

Bisnis.com, JAKARTA–Gerhana bulan total akan berdampak terjadinya gelombang pasang 11,4 meter di  sejumlah titik pesisir pantai di pulau Jawa, Sumatra, dan Kalimantan.

Musripan, Kepala Stasiun Geofisika Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Karangkates Kabupaten Jember Jawa Timur, mengimbau masyarakat di kawasan pesisir utara Jawa Timur untuk mewaspadai dampak gerhana bulan yakni terjadinya pasang surut gelombang air laut.

"Bagi penduduk sekitar pantai diimbau untuk berhati-hati karena akan terjadi gelombang laut yang cukup signifikan akibat pasang surut air laut tersebut," ujarnya hari ini Selasa, seperti dilansir Antara.

Berdasarkan data BMKG, masyarakat diminta mewaspadai fenomena pasang air laut maksimum pada 30 Januari hingga 1 Februari 2018 yang dapat mencapai 1 meter hingga 1,4 meter dan surut minimum 1 meter hingga 1,1 meter di seluruh wilayah pesisir.

Selain di Jawa Timur, gelombang pasang juga terjadi di sejumlah titik di Pulau Jawa lainnya serta di Pulau Sumatra dan Kalimantan. Berikut lokasi gelombang pasang tersebut.

Lokasi

Waktu

Pesisir Sumatera Utara

01.00-02.00 WIB (Kamis)

Pesisir barat Sumatera Barat

16.00-20.00 WIB

Pesisir selatan Lampung

18.00-21.00 WIB

Pesisir utara Jakarta

01.00-02.00 WIB (Kamis)

Pesisir utara Jawa Tengah

9.00-23.00 WIB

Pesisr utara jawa Timur

 

Pesisir Kalimantan Barat

21.00-24.00 WIB

Rabu malam (31/1/2018) akan terjadi gerhana bulan total yang dapat diamati di seluruh Indonesia pada malam hingga tengah malam dan gerhana bulan adalah peristiwa ketika terhalanginya cahaya matahari oleh bumi, sehingga cahaya matahari tersebut tidak sampai ke bulan.

"Gerhana adalah peristiwa dinamika bulan, bumi dan matahari, sehingga dampak dari gerhana tersebut adalah terjadinya pasang surut gelombang air laut dan terjadinya bulan purnama," lanjut Musripan.

Gerhana bulan total pernah terjadi tahun 2000 dan akan kembali terjadi lagi pada tahun 2036, sehingga periode terjadinya gerhana bulan yakni 18 tahun sekali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Sutarno
Editor : Sutarno
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper