Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Saatnya Dibangun Pusat Kajian Manuskrip Keagamaan Nusantara

Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementeria Agama diminta agar membangun Pusat Kajian Manuskrip Keagamaan Nusantara.
Nurudin Abdullah
Nurudin Abdullah - Bisnis.com 09 Januari 2018  |  23:15 WIB
Manuskrip sejarah Aceh - Istimewa
Manuskrip sejarah Aceh - Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA - Puslitbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Badan Litbang dan Diklat Kementeria Agama diminta agar membangun Pusat Kajian Manuskrip Keagamaan Nusantara.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan sudah semestinya Indonesia sebagai negara yang begitu besar mempunyai Pusat Kajian Manuskrip Keagamaan Nusantara.

“Ini penting untuk menjawab ekspektasi masyarakat yang begitu besar kepada Kementerian Agama," kata Menag dalam Forum Group Discussion (FGD) tentang Perpustakaan Khazanah Agama dan Keagamaan di Jakarta, Selasa (9/1/2018).

Menag, dikutip dari situs resmi Kementerian Agama, menjelaskan Indonesia kaya akan manuskrip keagamaan yang tersebar di masyarakat hingga dewasa ini, puluhan ribu di antaranya dalam kondisi memprihatinkan.

Proses pembangunan pusat manuskrip itu, lanjutnya, agar dimulai secara bertahap, misalnya dengan digitalisasi naskah, dan membuat film-film dokumenter sebagai bentuk konservasi warisan ini.

“Untuk mewujudkan hal ini, perlu penyesuaian dan modifikasi sejumlah program yang mendukung," ujarnya.

Lukman juga meminta agar Litbang Lektur, Khazanah Keagamaan, dan Manajemen Organisasi Kemenag segera menyelesaikan penyempurnaan regulasi terkait Buku Pendidikan Agama.

Sebab, imbuhnya, ada Undang-Undang No.3 Tahun 2017 yang menjadikan Kemenag sebagai institusi untuk menguji kesahihan buku-buku pendidikan agama, baik yang belum maupun sudah terbit.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

nusantara kementerian agama
Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top