Sofjan Wanandi: Sukamdani Tokoh Penggerak Ekonomi & Pembangunan Nasional

Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengenang sosok Sukamdani Sahid Gitosardjono sebagai salah satu tokoh yang berjasa dalam membangun ekonomi Indonesia.
Irene Agustine | 21 Desember 2017 12:35 WIB
Chairperson and President Sahid Group Sukamdani Sahid Gitosardjono - Bisnis/Dwi Prasetya

Kabar24.com, JAKARTA — Ketua Tim Ahli Wakil Presiden Sofjan Wanandi mengenang sosok Sukamdani Sahid Gitosardjono sebagai salah satu tokoh yang berjasa dalam membangun ekonomi Indonesia.

Menurut Sofjan, Sukamdani merupakan pengusaha yang dapat mengkompromikan perbedaan-perbedaan yang terjadi pada pengusaha dan mengerahkannya untuk mendukung pembangunan nasional saat menjadi Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia pada 1982-1985 dan 1985-1988.

“Tokoh daripada pengusaha, yang pernah memimpin Kadin, saya pernah ikut dalam kepengurusannya, dia bisa mengkompromikan kita bersama dengan pengusaha lain itu bisa membangun ekonomi Indonesia bersama sama,” kenangnya, di Istana Wakil Presiden, Kamis (21/12/2017).

Dia melanjutkan, “Jadi dia bisa, kelompok-kelompok perusahaan besar itu, dia bisa gabungkan untuk bergerak. Untuk kepentingan pembangunan ini. Pokoknya demi pembangunan ekonomi nomor satu.”

Bahkan, Sofjan menilai Sukamdani merupakan sosok sentral yang memprakarsai pembukaan kembali hubungan dagang antara Indonesia-China yang sempat terputus.

“Dia itu salah satu yang membuat kita bisa membuka hubungan dengan China, jadi cukup besar kontribusinya untuk kepentingan nasional ini,” ujarnya.

Sofjan menambahkan bahwa kontribusi Sukamdani lainnya yakni bisnis Sahid Group yang cukup sukses dan telah memberikan banyak manfaat kepada masyarakat.

“Dia dengan grup juga cukup sukses kan. Ada banyak mulai dari hotel, rumah sakit, pendidikan. Kita bangga punya orang seperti dia,” ujarnya.

Sukamdani Sahid Gitosarjono, pemilik Sahid Group dan Bisnis Indonesia meninggal dunia tadi pagi pukul 09.15 WIB di RS Sahid Sahirman, Jakarta Pusat.

Mantan Ketua Kadin itu disemayamkan di Rumah Duka, Jl. Imam Bonjol No. 50 Jakarta Pusat. Adapun, pemakaman akan dilakukan pada setelah Asar,di Pondok Pesantren Modern Sahid, Jl. Dasuki Bakri Km. 6, Kecamatan Pamijahan, Bogor.

Tag : pengusaha, sukamdani, sukamdani s. gitosardjono
Editor : Stefanus Arief Setiaji

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top