Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaksa Indonesia Belajar ke China Tangkal Kejahatan Lintas Negara

Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan Republik Rakyat China akan membuat nota kesepahaman atau MoU pertukaran pendidikan jaksa kedua negara dalam rangka menanggulangi tindak kriminal lintas negara.
Samdysara Saragih
Samdysara Saragih - Bisnis.com 09 Desember 2017  |  08:38 WIB
Jaksa Agung HM Prasetyo (kiri) bertemu Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa sebelum mengikuti rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/10). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Jaksa Agung HM Prasetyo (kiri) bertemu Wakil Ketua Komisi III DPR Desmond J Mahesa sebelum mengikuti rapat kerja di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (16/10). - ANTARA/Akbar Nugroho Gumay

Bisnis.com, JAKARTA – Kejaksaan Agung Republik Indonesia dan Republik Rakyat China akan membuat nota kesepahaman atau MoU pertukaran pendidikan jaksa kedua negara dalam rangka menanggulangi tindak kriminal lintas negara.

“Sehingga dapat dipahami perbedaan sistem hukum masing-masing,” tulis keterangan resmi Kejagung, Jumat (8/12/2017).

Kesepakatan itu mengemuka dalam pertemuan antara Jaksa Agung Muhammad Prasetyo dengan Jaksa Agung China Cao Jianming di Beijing, China, Kamis (7/12/2017) kemarin.

Muhibah Prasetyo ke Negeri Tirai Bambu guna mengikuti kegiatan China Law Society (CLS) di Nanning, Guangxi. Forum tersebut merupakan tempat berkumpulnya berbagai kalangan hukum, baik pejabat, praktisi maupun akademisi.

Prasetyo menilai Belt & Road Initiative yang dibahas dalam China-ASEAN Legal Forum sejalan dengan gagasan dan kebijakan Presiden Joko Widodo yang mengarahkan pembangunan tol laut sebagai upaya mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia.

Sebelumnya, saat menerima rombingan CLS di Jakarta, Kamis (14/9/2017), Prasetyo mengatakan penjajakan kerja sama hukum kedua negara meliputi a.l. tindak pidana korupsi, lingkungan, pencucian uang, dan narkotika.

Menurut Prasetyo, masalah narkotika menjadi keprihatinan bersama mengingat banyak anak muda yang menjadi korban. "Mereka akan bantu kita untuk cegah dan memberantas narkotika,” ujar Prasetyo.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

jaksa agung
Editor : Fajar Sidik

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top