Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jalur Kayangan-Poto Tano Ditambah Dua Kapal Baru

Dua buah Kapal baru milik PT. Multi Guna Maritim dengan rute pelayanan penyeberangan Pelabuhan Kayangan Poto Tano (PP), resmi beroperasi di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 05 Desember 2017  |  20:39 WIB
Jalur Kayangan-Poto Tano Ditambah Dua Kapal Baru
Ilustrasi

Kabar24.com, MATARAM -- Dua buah Kapal baru milik PT. Multi Guna Maritim dengan rute pelayanan penyeberangan Pelabuhan Kayangan – Poto Tano (PP), resmi beroperasi di Pelabuhan Kayangan, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat.

Kedua Kapal yang diresmikan tersebut adalah Kapal Garda Maritim I dan II, yang memiliki dek yang cukup tinggi yakni 4,5 meter sehingga kendaraan dengan kapasitas penumpang besar bisa masuk dan terlayani dengan baik.

Dengan tambahan dua kapal baru ini berarti telah menambah jumlah Kapal yang melayani penyebrangan Kayangan-Poto Tano dari 22 kapal menjadi 24 buah kapal.

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin, mengatakan dengan kehadiran kapal tersebut menjadi dukungan nyata terhadap program pemerintah pusat yakni pembangunan tol laut.

"Program tol laut adalah sebuah solusi bagi permasalah aksesibilitas laut, udara dan darat. Dngan kehadiran dua buah kapal baru ini akan menambah kelancaran arus penyebrangan dari Kayangan-Poto Tano dan sebaliknya," ujar Amin seperti dikutip Bisnis dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis.com di Mataram, Selasa (5/12/2017).

Amin menegaskan, peningkatan kualitas dan kuantitas moda transportasi laut mutlak diperlukan, terlebih menyambut peningkatan arus kunjungan wisata dan perhatian investasi nasional dan internasional semakin berkembang di wilayah NTB. Selain itu Amin juga berharap beroperasinya dua kapal baru ini akan menjadi faktor pendukung pergerakan pertumbuhan ekonomi di NTB.

“Dua kapal baru ini akan ditambah lagi dengan investasi kapal-kapal baru yang lainnya seiring dengan peningkatan kebutuhan transportasi laut di NTB,” tambahnya.

Direktur utama PT Multi Guna Maritim, Yan Moris Budiman mengungkapkan alasan ketertarikannya memilih berinvestasi di bidang transportasi laut khususnya di NTB adalah karena Provinsi NTB selama ini memiliki prestasi yang luar biasa. Mulai dari pertumbuhan ekonominya yang tinggi, bahkan diatas rata-rata nasional.

Selain itu NTB juga dikenal sebagai daerah dengan angka kunjungan wisatawannya yang mengalami peningkatan cukup signifikan dari tahun ke tahun.

“Ini adalah investasi perdana kami di bidang pelayaran laut, dan NTB adalah tempat pertama kami berinvestasi karena proses berinvestasi di NTB sangat mudah, namun tentunya sesuai dengan persyaratan dan aturan-aturan yang harus kita taati," ungkapnya.

Kemudahan yang diberikan, lanjut Yan, akan menjadi peluang untuk memperluas investasinya di NTB, khususnya di sektor transportasi laut, seperti kapal cepat sebagai akses konektivitas ke pulau-pulau kecil atau Gili yang menjadi destinasi unggulan kunjungan wisatawan di NTB ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Bandar Kayangan
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top