Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Viral Video Pemukulan Siswa, Ini Hasil Investigasi Kemendikbud

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan bukan orang tua atau guru yang melakukan kekerasan kepada siswa seperti pada video yang beredar di dunia maya. Pemukulan tersebut dilakukan oleh teman sekelas.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 08 November 2017  |  20:37 WIB
Ilustrasi kekerasan pada anak - Antara
Ilustrasi kekerasan pada anak - Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memastikan bukan orang tua atau guru yang melakukan kekerasan kepada siswa seperti pada video yang beredar di dunia maya. Pemukulan tersebut dilakukan oleh teman sekelas.

Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Hamid Muhammad menuturkan Kemendikbud telah melakukan investigasi dan memastikan bukan kekerasan guru kepada murid.

“Itu kejadiannya di SMK Bina Utama, Kota Pontianak dan itu bukan kekerasan guru kepada siswa melainkan kekerasan antar siswa di kelas. Karena badan siswa tersebut besar, sehingga terlihat seperti orang tua,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu (8/11/2017).

Hamid menjelaskan kejadian tersebut merupakan pertengkaran antara siswa kelas X. Pertengkaran dipicu oleh ejekan yang membuat salah satu murid marah dan memukul temannya.

"Salah seorang siswa memukul teman sekelasnya karena diejek oleh teman-temannya, akhirnya dia ngamuk, dan memukul apa saja, kemudian temannya merekam videonya lalu jadi viral,” paparnya.

Hamid menjelaskan kasus tersebut telah diselesaikan dengan dimediasi oleh kepala sekolah. Siswa yang bertikai juga telah berdamai kembali.

Untuk menghindari terjadinya kasus kekerasan, Kemendikbud jelas Hamid, mendorong pelaku pendidikan untuk mengambil bagian dalam pengawasan dan penanggulangan tindak kekerasan di satuan pendidikan.

“Dari yang terkecil, paparnya, sekolah dapat melakukan pengawasan langsung di sekolah,” imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

sekolah kekerasan anak
Editor : Rustam Agus
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top