Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pos Brimob Diserang, Freeport Indonesia Bunyikan Sirene

Manajemen PT Freeport Indonesia mengeluarkan peringatan terhadap keselamatan para pekerja dengan membunyikan sirene di mile 68, Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Minggu pukul 10.30 WIT pascapenembakan pos Brimob di Mile Point 67 tak jauh dari Kota Tembagapura, sekitar pukul 10.15 WIT.
Tambang PT Freeport Indonesia di Papua./Bloomberg-Dadang Tri
Tambang PT Freeport Indonesia di Papua./Bloomberg-Dadang Tri

Bisnis.com, TIMIKA -  Manajemen PT Freeport Indonesia mengeluarkan peringatan terhadap keselamatan para pekerja dengan membunyikan sirene di mile 68, Tembagapura, Kabupaten Mimika, Provinsi Papua, Minggu (29/10/2017) pukul 10.30 WIT pascapenembakan pos Brimob di Mile Point 67 tak jauh dari Kota Tembagapura, sekitar pukul 10.15 WIT.

Dalam memo yang langsung disebar manajemen Freeport ke seluruh departemen perusahaan, disebutkan bahwa sirene kota diaktifkan setelah menerima laporan mengenai tembakan di sekitar MP 67, di atas area Kawiki Shop.

Disebutkan juga bahwa pasukan Brimob telah merespon aksi penembakan tersebut, dan seluruh warga komunitas diminta tetap tinggal di dalam kediaman masing-masing sampai pemberitahuan selanjutnya.

Konvoi kendaraan kedua arah (Timika-Tembagapura dan sebaliknya) dihentikan.

Akses jalan antara Hidden Valley dan Tembagapura pun ditutup.

Disamping itu, manajemen Freeport mengimbau seluruh pekerjanya agar menghubungi "Command Center" jika dalam situasi darurat, kemudian melaporkan hal-hal mencurigakan ke Security Hotline di 5464444 (Lowlands) atau 546-0000 (Highlands).

Management Freeport dalam memo tersebut menyebutkan akan memberikan "update" laporan perkembangan lainnya sesegera mungkin.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Kamal mengatakan insiden itu tidak menyebabkan korban jiwa dan hanya kendaraan operasional yang digunakan Brimob terkena tembakan saat sedang parkir di depan pos.

"Sempat terjadi baku tembak dengan KKB sesaat setelah pos Brimob ditembak, dan kelompok penyerang melakukan penembakan dari ketinggian," katanya.

Sekitar Pukul 10.38 WIT, Satgas Brimob melakukan pengejaran terhadap terduga pelaku penembakan yang melarikan diri ke area Hidden Valley MP 66. Hingga kini mereka masih berjaga-jaga di lokasi tersebut, pengejaran terus berlanjut.

Warga sementara dievakuasi menuju Sporthall MP 68, kota Tembagapura, agar terhindar dari aksi penembakan.

Dilaporkan, situasi kota Tembagapura mencekam dan karyawan sempat berlarian mengamankan diri.

Teror penembakan ini diduga masih kelanjutan dari aksi sebelumnya oleh jaringan KKB yang selama ini melakukan aksi teror penembakan di area PT Freeport dan melakukan perlawanan terhadap aparat kemanan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : ANTARA

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper