Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Yakin Menangi Pemilu, Abe Akan Tegas Terhadap Korut

Setelah hasil jajak pendapat menunjukkan dirinya akan menang lagi secara meyakinkan dalam pemilihan umum, PM Shinzo Abe mengatakan akan menangani Korea Utara secara tegas.
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 23 Oktober 2017  |  12:06 WIB
PM Jepang Shinzo Abe - Reuters
PM Jepang Shinzo Abe - Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Setelah hasil jajak pendapat menunjukkan dirinya akan menang lagi secara meyakinkan dalam pemilihan umum, PM Shinzo Abe mengatakan akan menangani Korea Utara secara tegas.

Maklum, dari hasil tersebut, koalisi di bawah pimpinan Partai Liberal Demokrat (LDP) yang dipimpinnya diperkirakan akan mengusai dua pertiga dari kursi di Majelis Rendah Jepang.

Abe mengatakan tugas yang akan segera dilaksanakan adalah menggunakan diplomasi tegas untuk mengatasi Korea Utara (Korut) terkait ambisi senjata nuklirnya.

"Sebagaimana saya janjikan dalam pemilihan umum, tugas yang perlu segera dilakukan adalah menangani Korea Utara secara tegas," kata Abe sebagaimana dikutip BBC.com, Senin (23/10/2017).

Untuk mencapai tujuan itu, ujarnya, diperlukan diplomasi yang kuat. Dalam kaitan itu, dia menginginkan perubahan konstitusi negara itu sehingga peran militer dapat diperluas.

Pada 25 September Perdana Menteri Shinzo Abe mengumumkan pemilihan umum awal dengan alasan dia memerlukan mandat baru untuk mengatasi "krisis nasional" di tengah ketegangan dan ancaman dari Korea Utara yang berkali-kali melakukan uji coba nuklir dan rudal.

Korut mengancam akan "menenggelamkan" Jepang ke laut. Negara itu juga telah menembakkan dua rudal ke arah wilayah Hokkaido, sebuah pulau di Jepang bagian utara.

Jika hasil penghitungan suara menunjukkan kemenangan Abe, maka perkembangan itu akan memperkuat peluangnya untuk dipilih lagi dalam pemilihan ketua LDP September tahun depan.

Pemilihan kembali sebagai ketua LDP juga akan memberikan peluang kepadanya untuk mencatatkan diri sebagai perdana menteri yang paling lama berkuasa di Jepang setelah dipilih pada tahun 2012.

 

 


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pm jepang
Editor : Nancy Junita
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top