Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Yakin Menangi Pemilu, Abe Akan Tegas Terhadap Korut

Setelah hasil jajak pendapat menunjukkan dirinya akan menang lagi secara meyakinkan dalam pemilihan umum, PM Shinzo Abe mengatakan akan menangani Korea Utara secara tegas.
PM Jepang Shinzo Abe/Reuters
PM Jepang Shinzo Abe/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Setelah hasil jajak pendapat menunjukkan dirinya akan menang lagi secara meyakinkan dalam pemilihan umum, PM Shinzo Abe mengatakan akan menangani Korea Utara secara tegas.

Maklum, dari hasil tersebut, koalisi di bawah pimpinan Partai Liberal Demokrat (LDP) yang dipimpinnya diperkirakan akan mengusai dua pertiga dari kursi di Majelis Rendah Jepang.

Abe mengatakan tugas yang akan segera dilaksanakan adalah menggunakan diplomasi tegas untuk mengatasi Korea Utara (Korut) terkait ambisi senjata nuklirnya.

"Sebagaimana saya janjikan dalam pemilihan umum, tugas yang perlu segera dilakukan adalah menangani Korea Utara secara tegas," kata Abe sebagaimana dikutip BBC.com, Senin (23/10/2017).

Untuk mencapai tujuan itu, ujarnya, diperlukan diplomasi yang kuat. Dalam kaitan itu, dia menginginkan perubahan konstitusi negara itu sehingga peran militer dapat diperluas.

Pada 25 September Perdana Menteri Shinzo Abe mengumumkan pemilihan umum awal dengan alasan dia memerlukan mandat baru untuk mengatasi "krisis nasional" di tengah ketegangan dan ancaman dari Korea Utara yang berkali-kali melakukan uji coba nuklir dan rudal.

Korut mengancam akan "menenggelamkan" Jepang ke laut. Negara itu juga telah menembakkan dua rudal ke arah wilayah Hokkaido, sebuah pulau di Jepang bagian utara.

Jika hasil penghitungan suara menunjukkan kemenangan Abe, maka perkembangan itu akan memperkuat peluangnya untuk dipilih lagi dalam pemilihan ketua LDP September tahun depan.

Pemilihan kembali sebagai ketua LDP juga akan memberikan peluang kepadanya untuk mencatatkan diri sebagai perdana menteri yang paling lama berkuasa di Jepang setelah dipilih pada tahun 2012.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper