Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anies-Sandi Dilantik dan Uneg-Uneg Warga, Mampukah?

Hari-hari Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno ke depan, dipastikan, akan berbeda dengan kehidupan mereka sebelumnya. Setidaknya, kerja mereka akan jauh lebih beraneka menyusul beragamnya aspirasi yang disampaikan kepada mereka selaku orang nomor satu di DKI.
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kiri) di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/10/2017)./Antara
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (kanan) dan wakil gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno (kiri) di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (17/10/2017)./Antara

Bisnis.com, JAKARTA - Hari-hari Gubernur DKI Anies Baswedan dan Wakil Gubernur Sandiaga Uno ke depan, dipastikan, akan berbeda dengan kehidupan mereka sebelumnya. Setidaknya, kerja mereka akan jauh lebih beraneka menyusul beragamnya aspirasi yang disampaikan kepada mereka selaku orang nomor satu di DKI.

"Anies dan Sandi jangan terlalu banyak  janji-janji  program kerja,  karena masyarakat  hanya butuh bukti bukan janji," ujar satu warga DKI, Tesa Azzahra yang dimintai komentarnya oleh Antara.

Misalnya, Anies-Sandi, desakan  warga masyarakat Jakarta yang meminta  untuk membuka lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat, dan mempermudah persyaratan masuk kerja.

"Harapan saya semoga pengangguran di Jakarta  berkurang dan persyaratan  masuk kerja jangan dipersulit ,  disesuaikan," kata seorang warga, Nadya kepada Antara, Selasa 17/10.

"Untuk mengurangi tingkat pengangguran, saya ingin bapak Anies Baswedan dan wakilnya dapat menciptakan lapangan kerja untuk Betawi asli bukan pendatang," kata warga masyarakat lainnya, Tesa Azzahra.

--Resmi Jadi Gubernur DKI, Ini Isi Lengkap Pidato Anies Baswedan

Pada hari Senin, Presiden Joko Widodo melantik Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahuddin Uno sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta 2017-2022. Pelantikan berjalan lancar meski Anies sempat keliru mengucapkan sumpah jabatan yang dipimpin oleh Presiden Jokowi.

Ketua Umum Hipmi Jaya, Afifuddin (Afi) Kalla,  juga putra Betawi, berharap Gubernur dan Wagub baru  melanjutkan kebijakan-kebijakan yang sudah baik dan memperbaiki program-program yang kurang bagus terutama iklim berusaha.

Industri kreatif merupakan industri anak muda, sekarang telah menjadi tren di kalangan pengusaha muda khususnya anggota HIPMI Jaya. Oleh karena itu Afi berharap Pemprov DKI Jakarta dapat membantu mengembangkan potensi Ekonomi Kreatif di DKI saat ini, karena banyak pengusaha muda di Jakarta yang bekerja di bidang ini Anies R. Baswedan yang berlatar belakang pendidikan sangat dinanti keberpihakannya terhadap program yang sudah dari tahun 2004 Hipmi Jaya gulirkan yaitu "Hipmi Jaya Goes To Campus".

"Apalagi sekarang telah di bentuk HIPMI Perguruan Tinggi (HIPMI PT). Tujuan dibentuknya HIPMI PT adalah untuk menyebarkan virus entrepreneurship di kalangan generasi muda khususnya mahasiswa," ujar Afi.

Pengusul

Harapan

1. Warga masyarakat Jakarta

-Membuka lebih banyak lapangan kerja bagi masyarakat, dan mempermudah persyaratan masuk kerja.

- Program kerja yang dijanjikan perlu dikaji lagi agar dapat diketahui efektif atau tidaknya.

- "Program OK OCE juga menurut saya kurang efektif karena menggunakan banyak anggaran negara. Alangkah lebih baiknya Anies-Sandi ini menyelesaikan permasalahan yang berfokus pada penataan kota seperti kemacetan dan banjir.

2. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan -

- Berharap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik, Anies Baswedan-Sandiaga Uno bisa menjadi gubernur dan wakil gubernur bagi seluruh rakyat Jakarta, bukan hanya kelompok tertentu.

- "Jadi jangan ada pribumi, non pribumi. Jangan dikotomiskanlah. Harus menjadi gubernur semua pihak, semua golongan, suku, agama, karena yang memilih Pak Anies juga kan macam-macam.

3. Komisi Pemberantasan Korupsi

-Pertama,  upaya pencegahan tindak pidana korupsi bisa jauh lebih kuat.  
- Kedua, di tengah fenomena banyaknya kepala daerah yang diproses hukum karena kasus korupsi, diharapkan hal itu tidak terjadi pada seluruh kepala daerah terpilih.  

4. Wali Kota Depok Mohammad Idris

- Berharap  Anies Baswedan-Sandiaga Uno  bisa bekerja sama menangani berbagai persoalan seperti Situ yang ada di kota berikon belimbing tersebut.

5. Yustejo Tarik, legenda tenis Indonesia

-Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru, Anies Baswedan dan Sandiaga Uno untuk lebih memperhatikan tenis dengan membangun fasilitas lapangannya.

6. Ketua DPR Setya Novanto

- Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno dapat memenuhi janji kampanyenya.
"Tentu kita harapkan Saudara Anies bisa menindaklanjuti masalah kemacetan yang sekarang sedang dikeluhkan masyarakat."  

DP O%
Seorang warga Jakarta lainnya, Sylvia Anggriani Koswara mengatakan kurang paham tentang program DP rumah 0 persen . Dia berharap  Anies-Sandi, Jakarta  menjadi lebih baik dari kepemimpinan sebelumnya. Selain itu  diharapkan menjadi pemimpin yang amanah, terlihat kinerjanya. "Jangan menutup mata dengan adanya masyarakat kecil."

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mengharapkan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Uno yang baru dilantik Presiden Joko Widodo di Istana Negara Senin (16/10) dapat bekerja sesuai dengan amanat.

"Saya kira harapan KPK sama untuk seluruh kepala daerah yang ada di Indonesia, yakni bekerja sesuai dengan amanat yang memang diatur dan dipilih oleh masyarakat. Jadi, masyarakat yang memilih tentu amanatnya banyak terhadap kepala daerah tersebut," kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah.

Menurut Febri, ada dua hal yang penting bagi KPK terkait kepala daerah yang baru dilantik, baik di DKI Jakarta maupun daerah-daerah lainnya.

"Pertama, semoga dengan terpilihnya kepala daerah baru apakah itu di Jakarta ataupun di daerah-daerah yang lain, upaya pencegahan tindak pidana korupsi bisa jauh lebih kuat. Di DKI kami beberapa kali melakukan kerja sama soal pencegahan tindak pidana korupsi, harapannya bisa jauh lebih kuat," tuturnya.

Selanjutnya, kata Febri, di tengah fenomena banyaknya kepala daerah yang diproses hukum karena kasus korupsi, diharapkan hal itu tidak terjadi pada seluruh kepala daerah terpilih ataupun kepala daerah yang akan mencalonkan sebagai kepala daerah pada Pilkada serentak 2018.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan berharap Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta yang baru dilantik, Anies Baswedan-Sandiaga Uno bisa menjadi gubernur dan wakil gubernur bagi seluruh rakyat Jakarta, bukan hanya kelompok tertentu.

"Selamat bekerja, mudah-mudahan Pak Anies bisa jadi gubernur yang baik sama Pak Sandi. Dia bukan gubernur kelompok satu, kelompok dua, dia gubernur semua," kata Luhut dalam acara "Coffee Morning" bersama wartawan di Jakarta, Selasa (17/10/2017).

Mantan Menko Polhukam itu juga berpesan agar pasangan pemimpin baru Jakarta itu bisa mengayomi semua rakyat Jakarta. "Jadi jangan ada pribumi, non pribumi. Jangan dikotomiskanlah. Harus menjadi gubernur semua pihak, semua golongan, suku, agama, karena yang memilih Pak Anies juga kan macam-macam," katanya.

Sebelumnya, dalam pidato usai pelantikannya di Balai Kota, Senin, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan kini saatnya kita menjadi tuan rumah di negeri sendiri. "Dulu kita semua pribumi ditindas dan dikalahkan, kini telah merdeka, saatnya menjadi tuan rumah di negeri sendiri," katanya.

Ketua DPR Setya Novanto dan Ketua DPD Oesman Sapta Odang mengharapkan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan dan Sandiaga Salahudin Uno dapat memenuhi janji kampanyenya.

"Tentu kita harapkan Saudara Anies bisa menindaklanjuti masalah kemacetan yang sekarang sedang dikeluhkan masyarakat," kata Setya Novanto di lingkungan Istana Negara Jakarta, Senin (16/10/2017).

Mampukah Anies-Sandi menuntaskan PR tersebut? "Perintah Pak Jokowi ke depan semuanya rileks saja, semuanya berjalan dan beliau juga 'confident', rakyat juga 'confident' dan semua antusias dan ini kita merasakan untuk melangkah lebih percaya diri," ucap Sandi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Martin Sihombing

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper