Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

PILKADA JABAR 2018 : Sabtu Ini Ridwan Kamil Blusukan ke Bogor dan Depok

Ridwan Kamil dijadwalkan blusukan ke Bogor dan Depok pada Sabtu (7/10/2017) untuk bertemu masyarakat, para pengusaha dan pekerja kreatif di dua daerah tersebut.
Ridwan Kamil/Antara
Ridwan Kamil/Antara

Kabar24.com, BOGOR - Ridwan Kamil dijadwalkan blusukan ke Bogor dan Depok pada Sabtu (7/10/2017) untuk bertemu masyarakat, para pengusaha dan pekerja kreatif di dua daerah tersebut.

Blusukan Ridwan Kamil tersebut dalam kapasitasnya sebagai bakal calon gubernur Jawa Barat. Ia akan mendiskusikan persoalan-persoalan yang ada di Bogor dan Depok, antara lain terkait potensi ekonomi lokal.

"Saya menemui warga di daerah adalah untuk bersilahturahmi, tatap muka, sekaligus menyerap permasalahan. Sebab menjadi pemimpin itu jangan percaya pada data empirik saja, tapi harus croscheck juga ke daerah. Dengan datang langsung, saya jadi paham keinginan mereka, seperti ibu-ibu di daerah yang ingin diberdayakan secara ekonomi," katanya dalam keterangan resmi, diterima Bisnis.com, Jumat (6/10/2017).

Menurut Kang Emil, sapaan akrabnya, peluang ekonomi ada di setiap daerah. Namun, dalam membangun daerah, identitas budaya harus selalu dilekatkan.

"Kalau budaya Sunda di Depok kurang, kita bisa padukan antara Sunda dan Betawi. Dicari bentuk-bentuk baru, seperti perayaan budaya yang mengekspresikan budaya setempat. Kota akan terasa kosong kalau hanya menjadi mesin ekonomi, tidak ada roh budayanya," ujarnya.

Untuk Kabupaten Bogor, lanjut Kang Emil, peluang ekonominya adalah dengan memaksimalkan lahan-lahan kosong untuk menghasilkan produk-produk pertanian.

"Caranya dengan memasukan unsur teknologi agar hasil pertanian lebih maksimal, seperti negara-negara lain di dunia yang memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan hasil pertanian ," ujarnya.

Khusus di kota Bogor, menurut Emil , peluangnya adalah dengan mengembangkan sektor pariwisata, antara lain dengan membuat destinasi-destinasi baru. "Setiap kota di Jabar harus memiliki ciri khas dan keunikannya sehingga dapat menjadi magnet bagi wisatawan untuk berkunjung," kata dia.

Jadwal Kang Emil, di Bogor dan Depok cukup padat mulai pagi hingga malam hari. Ia antara lain akan berkunjung ke Pasar Parung, bertemu dengan Majelis Ta’lim sampai bertemu dengan tim relawan.

Untuk mendapat masukan terkait masalah infrastruktur dan potensi ekomoni di Depok dan Bogor, Kang Emil akan bertemu dengan para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Bogor.

Dalam pertemuan yang rencananya dilanjutan dengan makan siang bersama itu, Kang Emil akan ‘mengumpulkan’ berbagai masalah, antara lain terkait infrastruktur dan potensi ekonomi lalu mendiskusikanya untuk menemukan solusi.

Sebelumnya, Kang Emil telah melakukan kunjungan ke beberapa daerah di antaranya ke Majalengka, Indramayu, Cirebon, dan Kuningan.

Tak hanya itu, Kang Emil juga bertemu warga di Jabar selatan, seperti Sukabumi, Cianjur, Garut, dan Tasikmalaya. Semua kunjungan tersebut adalah untuk menggali persoalan-persoalan warga di daerah untuk kemudian dicarikan solusinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Miftahul Khoer
Editor : Saeno
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper