Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

11 Fakta Tokoh Kunci Kemerdekaan Catalonia dari Spanyol

Carles Puigdemont merupakan tokoh kunci kemerdekaan Catalonia dari Spanyol.
Carles Puigdemont tokoh kunci kemerdekaan Catalonia dari Spanyol/politico.eu
Carles Puigdemont tokoh kunci kemerdekaan Catalonia dari Spanyol/politico.eu

Kabar24.com, JAKARTA - Carles Puigdemont merupakan tokoh kunci kemerdekaan Catalonia dari Spanyol.

Berikut 11 fakta menarik tentang pemimpin kampanye kemerdekaan kota Catalonia :

1. Lahir pada tahun 1962, nama Puidemont diambil dari nama kakeknya, Carles Casamajo yang melarikan diri ke Prancis pada akhir Perang Saudara Spanyol dan tinggal di berbagai kamp pengungsi sebelum menghilang pada tahun 1943. Keluarga tersebut belum menemukan jejaknya sejak itu.

2. Pria berusia 54 tahun berasal dari kota Amer di perbukitan di sebelah barat Girona, tempat industri tekstil, yang merupakan industri yang dominan.

3. Puigdemont mulai muncul di publik saat  membantu mendirikan Joventut Nacionalista de Catalunya (JNC), organisasi sayap pemuda Partai Demokrat Eropa Catalan di awal 1980-an di distrik Girona. Nyawanya hampir saja melayang disebabkan kecelakaan serius saat ia berkendaraan dari Girona ke Amer. Puigdemont  "secara ajaib" dapat bertahan hidup meski mengalami cedera serius. Bekas luka tabrakan tampak di tubuh Presiden Catalonia  ini.

4. Pernah menjadi jurnalis dan pedagang. Puigdemont mulai menulis laporan tentang sepak bola untuk surat kabar Los Sitios pada usia 14 tahun. Beberapa tahun kemudian, dia mendapat gelar sarjana di bidang filologi di Girona University College. Karya jurnalistiknya muncul di surat kabar El Punt Diari atau El Punt Avui saat ini.

5.  Orang asli Amer ini akan menjadi pemimpin redaksi El Punt. Selama berada di surat kabar ia mengambil cuti untuk bepergian ke Eropa. Hasilnya, yang diterbitkan pada tahun 1994, adalah bukunya "Cata ... apa? kisah di balik Catalonia dalam membangun Olimpiade Barcelona.

6. Berbicara multibahasa. Puigdemont berbicara bahasa Inggris, Prancis dan Rumania, selain bahasa aslinya, Catalan dan Spanyol. Dia belajar bahasa Rumania melalui istrinya, Marcela Topor, yang ditemui saat mengunjungi sebuah festival di Girona.

7. Dia juga salah satu pendiri koran berita berbahasa Inggris Catalonia Today, sekaligus pendiri dan mantan direktur Catalan News Agency, agen media yang dimiliki oleh pemerintah Catalan dengan cabang internasional di Berlin, Brussels, London, New York dan Paris.

8. Puigdemont adalah pendukung tim lokal Girona FC yang berhasil berpromosi ke La Liga untuk pertama kalinya dalam sejarah klub pada musim panas 2017. Dia secara sporadis dapat terlihat di kotak eksekutif klub selama hari pertandingan.

9. Karir politik Puigdemont dimulai relatif terlambat. Pada 2007, dia terpilih sebagai anggota oposisi di Girona City Hall, sebelum terpilih menjadi wali kota empat tahun kemudian, dan melanggar peraturan Sosialis. Saat menjabat sebagai wali kota, kritikus mengatakan bahwa dia sering menghilang dari Girona dan lebih banyak menghabiskan sebagian besar waktunya di Barcelona. Pengagum memuji dia karena telah membantu meyakinkan Game of Thrones untuk syuting di Girona, dan juga untuk mendanai pengarsipan kritikus seni Raael Santos, koleksi Torroella yang meliputi  karya asli Joan Miro dan Pablo Picasso.

10. Pada tahun 2016, Wali kota Girona itu memenangkan mosi percaya di parlemen Catalonia untuk diangkat jadi presiden. Dia bukan salah satu favorit, dan baru muncul untuk mengakhiri kebuntuan politik 3 bulan setelah berbagai partai anggota pro-kemerdekaan berusaha untuk menyetujui beberapa kandidat untuk memimpin pemerintahan mereka.

11. Secara politis, Puigdemont dianggap orang sentris dan seorang demokrat sosial, yang lebih banyak menarik perhatian orang-orang di kelompok sebelah kiri-pusat daripada Presiden Catalan sebelumnya, Artur Mas.   

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : JIBI
Editor : Nancy Junita
Sumber : Tempo

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper