Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Anak-Anak Penghuni Rusun di Jakarta Gelar Operet Bertema Keberagaman

Komunitas Paduan Suara AkuAnakRusun akan mempersembahkan sebuah karya drama musikal berjudul Ada Gulali di Hatiku sebagai simbol kebersamaan dan keragaman penghuni rusun yang dituangkan melalui harmoni indah.
Sejumlah bocah bermain ayunan di Rusun Daan Mogot, Jakarta, Jumat (3/3)./Antara-Muhammad Adimaja
Sejumlah bocah bermain ayunan di Rusun Daan Mogot, Jakarta, Jumat (3/3)./Antara-Muhammad Adimaja

Bisnis.com, JAKARTA—Komunitas Paduan Suara AkuAnakRusun akan mempersembahkan sebuah karya drama musikal berjudul Ada Gulali di Hatiku sebagai simbol kebersamaan dan keragaman penghuni rusun yang dituangkan melalui harmoni indah.

Operet tersebut mengangkat cerita dari kehidupan rumah susun di wilayah Jakarta dan sekitarnya, yang kaya akan keragaman budaya dan lika-likunya, dan akan ditampilkan pada 21 September 2017 di CiputraArtpreneur Theater, Jakarta Selatan, pukul 17.00 WIB.

Kota Jakarta memiliki sekitar 23 buah rusun yang tersebar di beberapa wilayah. Setiap rusun memiliki banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh seluruh penghuni sesuai dengan kelompok umur.

Salah satu bentuk kegiatan positif yang dilakukan adalah pelatihan paduan suara. Komunitas paduan suara yang diikuti oleh penghuni rusun ini dinamakan program AkuAnakRusun. Persiapan dilakukan selama 6 bulan dan program ini didukung penuh oleh PerkumpulanArtsip.

Sebanyak 110 orang anak paduan suara dan 40 orang penari akan terlibat dalam drama musikal ini. Paduan suara AkuAnakRusun terdiri dari usia 6-17 tahun yang berasal dari rusun berbeda-beda.

Rusun yang terlibat dalam acara ini diantaranya yaitu Rusun Tipar Cakung, Rusun Pulogebang, Rusun Albo (Cakung Barat), Rusun Tambora, danRusun Marunda.

Akan ada 19 lagu anak-anak dan daerah yang akan dimainkan dalam acara ini, lagu-lagu ini akan di aransemen ulang dengan gaya dan nuansa baru dalam durasi 2-3 menit. Lagu-lagu populer tersebut diantaranya; Rasa Sayange, Ampar-Ampar Pisang, Pelangi-Pelangi, Naik Kereta Api, dan masih banyak lagi.

Drama musikal ini juga didukung oleh kolaborasi antara Sekolah Musik Gloriamus, Soundkestra dan Taman Suropati Chambers, bersama dengan penampilan khusus dari idola cilik Naura dan Fira Christiano yang akan membawakan kembali lagu-lagu anak dan lagu-lagu daerah khas Indonesia yang merupakan kekayaan khas nusantara.

“Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Perkumpulan Artsip dan seluruh pihak yang terlibat atas inisiasi diadakannya program Operet AkuAnakRusun. Semoga acara ini dapat menginspirasi anak-anak Indonesia mengenai pentingnya keragaman budaya,” kata Ketua Penggerak PKK DKI Jakarta, Happy Farida Djarot, dalam siaran pers Jumat (8/9/2017).

Dia menambahkan, operet tersebut juga meningkatkan pengertian akan pemberdayaan dan ketrampilan bagi penghuni rusun, terutama ibu dan anak. “Kita juga bisa melihat dari karya ini bukti atau hasil dari kehadiran RUSUN juga RPTRA sebagai wadah bagi warga DKI Jakarta.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper