Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

NTB Berharap Bisa Tingkatkan Kapasitas Produksi Pertanian

Nusa Tenggara Barat beharap bisa meningkatkan komoditas pertanian sebagai penunjang pangan daerah sehingga bisa mendukung kedaulatan pangan nasional.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 07 September 2017  |  17:40 WIB
NTB Berharap Bisa Tingkatkan Kapasitas Produksi Pertanian
Bagikan

Kabar24.com, MATARAM -- Nusa Tenggara Barat beharap bisa meningkatkan komoditas pertanian sebagai penunjang pangan daerah sehingga bisa mendukung kedaulatan pangan nasional.

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengatakan pertumbuhan produksi komoditas padi dan jagung sebagai komoditas pertanian utama NTB dalam dua tahun terakhir berada pada angka yang menggembirakan.

"Sektor pertanian bukan hanya berperan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan, tetapi juga menjadi salah satu faktor dalam usaha mengentaskan kemiskinan," ujar Amin di Mataram dalam acara panen raya padi di Desa Badrain, Narmada, Lombok Barat, Kamis (7/9/2017).

Amin menegaskan, sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan di Provinsi NTB. Sektor ini adalah sektor utama penggerak perekonomian daerah bersama dengan sektor pariwisata.

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak yang juga turut menyaksikan panen raya mengatakan menjaga peningkatan produksi pangan untuk mewujudkan kadaulatan pangan, tidaklah sulit lantaran Indonesia merupakan negara agraria.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat mempunyai dua tugas pokok yaitu OMP (Operasi Militer Perang) dan OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

Untuk Operasi Militer Selain Perang, salah satu tugas pokok yang diemban adalah mengimplementasikan pemberdayaan wilayah pertahanan dengan membantu pemerintah daerah. Seperti dengan memanfaatkan lahan yang tidak produktif atau lahan tidur untuk dikelola menjadi lahan pertanian.

"Panglima perang ke depan adalah panglima kedaulatan pangan" ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ntb produk pertanian
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top