Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

NTB Berharap Bisa Tingkatkan Kapasitas Produksi Pertanian

Nusa Tenggara Barat beharap bisa meningkatkan komoditas pertanian sebagai penunjang pangan daerah sehingga bisa mendukung kedaulatan pangan nasional.

Kabar24.com, MATARAM -- Nusa Tenggara Barat beharap bisa meningkatkan komoditas pertanian sebagai penunjang pangan daerah sehingga bisa mendukung kedaulatan pangan nasional.

Wakil Gubernur NTB Muhammad Amin mengatakan pertumbuhan produksi komoditas padi dan jagung sebagai komoditas pertanian utama NTB dalam dua tahun terakhir berada pada angka yang menggembirakan.

"Sektor pertanian bukan hanya berperan dalam upaya mewujudkan ketahanan pangan, tetapi juga menjadi salah satu faktor dalam usaha mengentaskan kemiskinan," ujar Amin di Mataram dalam acara panen raya padi di Desa Badrain, Narmada, Lombok Barat, Kamis (7/9/2017).

Amin menegaskan, sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting dan strategis dalam pembangunan di Provinsi NTB. Sektor ini adalah sektor utama penggerak perekonomian daerah bersama dengan sektor pariwisata.

Pangdam IX/Udayana Mayor Jenderal TNI Komaruddin Simanjuntak yang juga turut menyaksikan panen raya mengatakan menjaga peningkatan produksi pangan untuk mewujudkan kadaulatan pangan, tidaklah sulit lantaran Indonesia merupakan negara agraria.

Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat mempunyai dua tugas pokok yaitu OMP (Operasi Militer Perang) dan OMSP (Operasi Militer Selain Perang).

Untuk Operasi Militer Selain Perang, salah satu tugas pokok yang diemban adalah mengimplementasikan pemberdayaan wilayah pertahanan dengan membantu pemerintah daerah. Seperti dengan memanfaatkan lahan yang tidak produktif atau lahan tidur untuk dikelola menjadi lahan pertanian.

"Panglima perang ke depan adalah panglima kedaulatan pangan" ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper