Uniknya Sidang Tahunan MPR 2017 : Jokowi Berbaju Bugis, JK Berbaju Jawa

Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) menghadiri Sidang Tahunan MPR 2017, Rabu (16/8/2017) yang digelar di Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).
Nancy Junita | 16 Agustus 2017 09:42 WIB
Presiden Jokowi mengenakan busana khas pria Bugis dan Wapres Jusuf Kalla mengenakan busana pria Jawa dalam Sidang Tahunan MPR 2017 di Gedung DPR/DPD RI, Rabu (16/8/2017). - Bisnis Indonesia/Abdullah Azzam

Kabar24.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wapres Jusuf Kalla (JK) menghadiri Sidang Tahunan MPR 2017, Rabu (16/8/2017) yang digelar di Kompleks MPR/DPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Rabu (16/8/2017).

Jokowi dan JK tampil unik dalam sidang tahunan itu. Keduanya mengenakan busana tradisional, Jokowi yang beretnis Jawa mengenakan busana tradisional pria Bugis, berupa jas tutup berwarna hitam.

Jas tersebut dipadankan dengan topi pria Bugis alias songkok berwarna keemasan, serta sarung sutra Bugis. Sebaliknya, JK yang berasal dari Bugis mengenakan busana tradisional Jawa.

JK mengenakan busana pria Jawa berupa beskap. Busana ini umumnya digunakan oleh pria Jawa saat menghadiri acara-acara formal, seperti pernikahan.

Bentuk pakaian adat ini menyerupai jas hitam tanpa motif dengan ciri kerah melekat di leher (tidak berlipat) dan kancing yang berpola miring. Umumnya, beskap selalu dipadukan dengan bawahan sarung batik, kebat batik ataupun jarik.

Melengkapi penampilannya, JK mengenakan blankon. Sementara itu, Ibu Negara Iriana Joko Widodo mengenakan kebaya Bali berwarna merah dengan tata rambut sanggul wanita Bali yang dipermanis dengan bunga kamboja.

Sedangkan, istri Wapres JK, Mufidah Jusuf Kalla mengenakan kebaya biru dipadukan dengan sarung dan selendang batik yang senada dengan busana Jusuf Kalla.

Busana Jokowi dan JK berbeda dengan para hadirin pada Sidang Tahunan MPR 2017, yang mengenakan jas seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan mengenakan jas. Demikian juga dengan para menteri. Sementara, para menteri wanita mengenakan kebaya berwarna merah.

Untuk mengamankan sidang itu, sejumlah panser dan helikopter disiagakan di Kompleks MPR/DPR/DPD RI. Ada empat panser dan dua helikopter TNI Angkatan Udara telah disiapkan di belakang Gedung Nusantara.

Tag : jokowi, Nota Keuangan
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top