Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia tokotbisnis Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Desa di NTB Diminta Siapkan Literasi Data Digital

Ketersediaan data sangat dibutuhkan sebagai modal startegis di setiap lini pembangunan, termasuk pembangunan sektor terkecil di pemerintahan desa.
Eka Chandra Septarini
Eka Chandra Septarini - Bisnis.com 08 Agustus 2017  |  17:00 WIB
Desa di NTB Diminta Siapkan Literasi Data Digital
Ilustrasi - cdt.nd.edu
Bagikan

Kabar24.com, MATARAM -- Ketersediaan data sangat dibutuhkan sebagai modal startegis di setiap lini pembangunan, termasuk pembangunan sektor terkecil di pemerintahan desa.

Menyadari hal tersebut, Gubernur NTBTGH M. Zainul Majdi meminta kepada fasilitator desa agar segera menyusun literasi data desa guna ditayangkan di website desa agar mudah diakses.

“Buatlah website desa dan masukkan seluruh datanya, termasuk APBDes-nya agar semua masyarakat bisa mengaksesnya. Karena hal itu merupakan bagian dari akuntabilitas desa kepada masyarakat,” ujar Majdi di Mataram, Selasa (8/8/2017).

Majdi menekankan, selain pembangunan fisik, hal penting lainnya yang perlu mendapat perhatian adalah ketersediaan data spasial tentang kondisi faktual desa. Data itu harus mudah diakses sehingga pembangunan desa dapat lebih terarah dan dapat dikawal oleh seluruh masyarakat desa.

Gubernur yang akrab disapa Tuan Guru Bajang ini juga sempat bertanya kepada sejumlah peserta dari Kabupaten Dompu, Bima dan Sumbawa tentang permasalahan utama yang dihadapi di masing-masing desanya. Fasilitator desa yang mendapat kesempatan untuk bertemu dengan orang nomor satu di NTB tersebut kemudian memanfaatkan kesempatan untuk menyampaikan sejumlah keluhan dan permasalahan yang dihadapi didesanya.

Salah satunya Fastabiqul Khoirat dari Dompu yang mengeluhkan kondisi jalan di desanya yang rusak parah. Mereka mohon kepada gubernur untuk memberi perhatian. Merespon keluhan keluhan itu, TGB berjanji akan segera menindaklanjutinya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

desa ntb ekonomi digital
Editor : Rustam Agus
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top