Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Riset: Sales Pria Banyak Bicara, Sales Wanita Lebih Produktif

Sosok wiraniaga (salesman) penting dalam rantai proses penjualan suatu produk bisnis. Untuk dapat berhadapan dan meyakinkan calon pelanggan, seorang salesman dituntut memiliki pribadi yang antusias dan sejumlah kecakapan termasuk dalam hal komunikasi.
Ilustrasi sales/Istimewa
Ilustrasi sales/Istimewa

Kabar24.com, JAKARTA – Sosok wiraniaga (salesman) penting dalam rantai proses penjualan suatu produk bisnis. Untuk dapat berhadapan dan meyakinkan calon pelanggan, seorang salesman dituntut memiliki pribadi yang antusias dan sejumlah kecakapan termasuk berkomunikasi.     

Profesi ini pun disebut memiliki pesona tersendiri, karena baik pria maupun wanita dengan profesi ini biasanya bermulut manis dan persuasif. Namun, penelitian terbaru dari Gong Research menunjukkan bahwa pria yang berprofesi sebagai salesman lebih banyak berbicara dibandingkan dengan sales wanita.

Ada stereotip yang mengatakan bahwa wanita adalah sosok yang banyak bicara, sementara pria bersikap tenang, diam, dan cenderung terganggu dengan apa yang dibicarakan wanita.

Stereotip lain menyebutkan bahwa pria memiliki kecenderungan untuk mendominasi pembicaraan dengan memberikan penjelasan detail yang sebenarnya tak perlu kepada wanita.

Riset Gong menemukan bahwa stereotip pertama tidak sepenuhnya benar untuk sales wanita. Sayangnya, stereotip kedua justru memang berlaku untuk sales pria. Dan ketika sales pria masuk dalam kebiasaan ini, hal itu dinilai tidak benar-benar membantu.

Berdasarkan analisis Gong terhadap 519.000 penjualan via sambungan telepon, rata-rata monolog sales pria kepada pembeli wanita secara signifikan memiliki periode lebih lama yakni 108 detik, dibandingkan dengan rata-rata monolog untuk pembeli pria selama 91 detik.

Dengan kata lain, pria berbicara untuk waktu yang lebih lama tanpa jeda saat melakukan penjualan kepada wanita. Dapat dikatakan, ketika sales pria melakukan penjualan dengan pembeli wanita, pria mendominasi 61% dari seluruh pembicaraan.

Banyak Bicara

Riset tersebut juga menunjukkan bahwa ketika berperan sebagai pembeli, pria cenderung berbicara lebih banyak, baik dengan sales wanita maupun pria. Namun, hal terpenting dari penelitian tersebut adalah bahwa sales wanita melakukan lebih banyak kesepakatan penjualan.

Sales wanita meraih 70% closing penjualan dengan pembeli pria dan 72% dengan pembeli wanita. Sementara itu, sales pria meraih 68% closing penjualan dengan pembeli wanita dan 67% dengan pembeli pria.

“Perbandingan ideal untuk menutup kesepakatan terhadap semua kombinasi pria dan wanita adalah 52% waktu untuk mendengarkan dan 48% waktu untuk berbicara,” nasihat Gong, seperti dikutip dari laman Business Insider, Rabu (26/7/2017).

Moral dari penelitian ini sepertinya jelas bagi para salesman. Berbicara boleh saja, tapi jangan lupa untuk mau mendengarkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Nancy Junita
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper