Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Menhan: RI & Asean Dukung Filipina Tuntaskan Krisis Marawi

Kementerian Pertahanan menegaskan Indonesia bersama dengan negara Asean lainnya mendukung pemerintah Filipina terkait kebijakan penanganan krisis di Marawi, Pulau Mindanao, Filipina selatan.
Ryamizard Ryacudu/Reuters-Samrang Pring
Ryamizard Ryacudu/Reuters-Samrang Pring

Bisnis.com, JAKARTA - Kementerian Pertahanan menegaskan Indonesia bersama dengan negara-negara Asean lainnya mendukung pemerintah Filipina terkait dengan kebijakan penanganan krisis di Marawi, Pulau Mindanao, Filipina selatan.

Hal itu disampaikan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu ketika bertemu dengan Menteri Pertahanan Filipina Delvin N. Lorenzana.

Ryacudu mengatakan Indonesia dan negara-negara Asean lain bersikap terbuka untuk melaksanakan patroli bersama guna menahan masuknya para gerilyawan Negara Islam Irak dan Suriah ke negara-negara Asean lainnya.

Selain menyampaikan dukungan dari Pemerintah Indonesia, Ryacudu juga menyampaikan dukungan dari Pemerintah Singapura dan Thailand, yang ditemui saat berlangsungnya Shangri-La Dialogue, pekan lalu di Singapura. Dukungan ini disampaikan sebagai bentuk solidaritas sesama negara di Asean.

"Solidaritas sebagai sesama Asean. Kita datang dan tunjukkan solidaritas itu,” ujarnya dalam keteragan resmi, Rabu (7/7/2017).

Ryacudu berpendapat militan pemberontak yang dikhawatirkan telah berafiliasi dengan NIIS yang saat ini sedang digempur oleh militer Filipina adalah musuh bersama. Kehadiran mereka di Mindanao adalah bentuk ancaman terorisme yang nyata bagi negara-negara Asean, itu harus ditanggulangi bersama-sama.

Indonesia sebagai salah satu negara berpenduduk muslim terbesar di dunia juga memiliki kepentingan untuk menjaga kondisi keamanan di kawasan. Indonesia dan Asean tidak akan membiarkan kelompok itu tumbuh subur dengan menggunakan masyarakat sebagai pelindungnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper