Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Wakil Ketua MPR : KPK Jangan Korupsi Informasi Terkait Amien Rais

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menyebutkan KPK telah melakukan korupsi informasi karena jaksanya menyebut Amien Rais menerima dana korupsi alat kesehatan (alkes) pada sidang perkara dengan terdakwa Siti Fadilah Supari
Hidayat Nur Wahid/Antara
Hidayat Nur Wahid/Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menyebutkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan ‘korupsi informasi’ karena jaksanya menyebut Amien Rais menerima dana korupsi alat kesehatan (alkes) pada sidang perkara dengan terdakwa Siti Fadilah Supari.

“Jaksa jangan melakukan korupsi informasi,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (4/6).

Hidayat menyayangkan pernyataan jaksa KPK yang mengungkap Amien telah menerima aliran dana korupsi dari kasus tersebut sebesar Rp600 juta.

Padahal, KPK belum meminta klarifikasi kepada tokoh reformasi tersebut.

"Kami mendukung KPK memberantas korupsi, tetapi harus betul-betul tidak menghadirkan korupsi informasi dam korupsi kepercayaan publik," kata Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sosial (PKS) itu.

Hidayat mengatakan masyarakat bisa tidak percaya kepada KPK karena lembaga anti rasuah tersebut telah melakukan pembunuhan karakter dengan pernyataan jaksa di persidangan.

"Salah satu bentuk ketidakpercayaan publik karena informasi yang diperoleh saat penyelidikan bisa diomongkan begitu saja oleh jaksa di pengadilan," ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan jaksa itu merupakan bentuk pembunuhan karakter dan bentuk pencitraan negatif terhadap tokoh yang selama ini dikenal sebagai tokoh yang bersih, reformis, tokoh yang tegas membela kepentingan umat Islam, ujarnya.


Menurut Hidayat, sebelum KPK menyebut Amien menerima aliran dana korupsi alat kesehatan dari Siti Fadilah Supari melalui Sutrisno Bachir Foundation, seharusnya terlebih dahulu meminta penjelasan kepada Amien. ‎

"Harusnya tidak dicemarkan namanya, mestinya dipanggil, diklarifikasi dulu. Itu kemudian diberitakan di media seolah-olah dia sudah tersangka," ujarnya menyesalkan.

Sebelumnya pengusaha Sutrisno Bachir yang juga kader PAN mengakui telah memberikan bantuan dana kepada Amien sebagai dana operasional.

Amien pun dalam kesempatan Buka Bersama dengan Ketua MPR Zulifli Hasan mengakui apa yang disebutkan Sutrisno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper