Cari berita
  • facebook
  • twitter
  • instagram
  • youtube
Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Wakil Ketua MPR : KPK Jangan Korupsi Informasi Terkait Amien Rais

Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menyebutkan KPK telah melakukan korupsi informasi karena jaksanya menyebut Amien Rais menerima dana korupsi alat kesehatan (alkes) pada sidang perkara dengan terdakwa Siti Fadilah Supari
John Andhi Oktaveri
John Andhi Oktaveri - Bisnis.com 05 Juni 2017  |  03:42 WIB
Wakil Ketua MPR : KPK Jangan Korupsi Informasi Terkait Amien Rais
Hidayat Nur Wahid - Antara

Kabar24.com, JAKARTA--Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid menyebutkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan ‘korupsi informasi’ karena jaksanya menyebut Amien Rais menerima dana korupsi alat kesehatan (alkes) pada sidang perkara dengan terdakwa Siti Fadilah Supari.

“Jaksa jangan melakukan korupsi informasi,” ujarnya kepada wartawan, Minggu (4/6).

Hidayat menyayangkan pernyataan jaksa KPK yang mengungkap Amien telah menerima aliran dana korupsi dari kasus tersebut sebesar Rp600 juta.

Padahal, KPK belum meminta klarifikasi kepada tokoh reformasi tersebut.

"Kami mendukung KPK memberantas korupsi, tetapi harus betul-betul tidak menghadirkan korupsi informasi dam korupsi kepercayaan publik," kata Wakil Ketua Majelis Syuro Partai Keadilan Sosial (PKS) itu.

Hidayat mengatakan masyarakat bisa tidak percaya kepada KPK karena lembaga anti rasuah tersebut telah melakukan pembunuhan karakter dengan pernyataan jaksa di persidangan.

"Salah satu bentuk ketidakpercayaan publik karena informasi yang diperoleh saat penyelidikan bisa diomongkan begitu saja oleh jaksa di pengadilan," ujarnya.

Menurutnya, apa yang dilakukan jaksa itu merupakan bentuk pembunuhan karakter dan bentuk pencitraan negatif terhadap tokoh yang selama ini dikenal sebagai tokoh yang bersih, reformis, tokoh yang tegas membela kepentingan umat Islam, ujarnya.


Menurut Hidayat, sebelum KPK menyebut Amien menerima aliran dana korupsi alat kesehatan dari Siti Fadilah Supari melalui Sutrisno Bachir Foundation, seharusnya terlebih dahulu meminta penjelasan kepada Amien. ‎

"Harusnya tidak dicemarkan namanya, mestinya dipanggil, diklarifikasi dulu. Itu kemudian diberitakan di media seolah-olah dia sudah tersangka," ujarnya menyesalkan.

Sebelumnya pengusaha Sutrisno Bachir yang juga kader PAN mengakui telah memberikan bantuan dana kepada Amien sebagai dana operasional.

Amien pun dalam kesempatan Buka Bersama dengan Ketua MPR Zulifli Hasan mengakui apa yang disebutkan Sutrisno.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hidayat nur wahid amien rais
Editor : Rustam Agus

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini

back to top To top