Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pertamina, Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan Uji Emisi

Bekerja sama dengan PT Pertamina, Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan menggelar uji emisi kendaraan bermotor roda empat sejak dua hari silam.
Uji emisi gratis di halaman Depot LPG Balikpapan, Kamis (18/5)/Bisnis-Nadya Kurnia
Uji emisi gratis di halaman Depot LPG Balikpapan, Kamis (18/5)/Bisnis-Nadya Kurnia

Bisnis.com, BALIKPAPAN - Bekerja sama dengan PT Pertamina, Dinas Lingkungan Hidup Balikpapan menggelar uji emisi kendaraan bermotor roda empat sejak dua hari silam.

Hari ini (18/5), uji emisi digelar di halaman Depot LPG Pertamina. Pada dua hari sebelumnya, kegiatan digelar di Embarkasi Haji Balikpapan dan di halaman Kantor PT Telkom.

Untuk pengujian, penyelenggara bekerja sama juga dengan Dinas Perhubungan Balikpapan, Satlantas, dealer-dealer mobil, dan mahasiswa Poltekba sebagai tenaga pencatatan data.

Pengujian emisi ini bersifat uji petik. Pengadaan kegiatan mengacu pada Peraturan Menteri Lingkungan Hidup No. 5/2006 tentang Ambang Batas Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor Lama.

"Setiap harinya, ditargetkan ada 500 kendaraan yang diuji. Total target ada 1.500 kendaraan yang diuji, baik kendaraan dinas ataupun kendaraan pribadi," jelas Area Manager Communication and Relations Pertamina Kalimantan Alicia Irzanova, Kamis (18/5/2017).

Dia mengatakan uji petik emisi ini juga bertujuan untuk menyosialisasikan kepada pengendara, mengenai pentingnya menjaga kualitas udara melalui perawatan mesin dan penggunaan BBM dengan oktan tinggi.

Koordinator Uji Emisi Jen Supriyanto mengatakan kualitas udara di Balikpapan cenderung baik dan aman. Namun, kesadaran mengenai pencemaran udara harus tetap dibangun.

Sebab memang tidak ada hukuman bagi pemilik kendaraan yang tidak lolos uji emisi, namun penyelenggara menyarankan agar pemilik kendaraan merawat mobilnya secara berkala dan mengkonsumsi BBM oktan tinggi.

"Kami sekaligus memberi edukasi, bahwa kita sebagai pengendara kendaraan bermotor, punya andil dalam pencemaran udara, jadi kesadaran buat merawat mesin itu harus ada," ujarnya.

Menurutnya, pada hari pertama sebanyak 673 kendaraan mengikuti uji petik dan 588 unit dinyatakan lolos. Pada hari kedua, sebanyak 542 kendaraan mengikuti uji petik dan 502 unit dinyatakan lolos.

"Harusnya 100% lolos uji emisi, tapi kami mengasumsikan ada 20% data yang tidak valid, bisa jadi karena human error. Tapi secara dominan kendaraan yang diuji dinyatakan lolos," tutup Jen.

1. Uji emisi gratis di halaman Depot LPG Balikpapan, Kamis (18/5).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Nadya Kurnia
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper