Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

BI Buka Kas Titipan di Pohuwato, Gorontalo

Bank Indonesia (BI) menggandeng empat bank guna membuka layanan kas titipan di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Kas titipan diharapkan membuat layanan penukaran uang lebih efisien.
Uang rupiah./JIBI-Abdullah Azzam
Uang rupiah./JIBI-Abdullah Azzam

Bisnis.com, MANADO -- Bank Indonesia (BI) menggandeng empat bank guna membuka layanan kas titipan di Kabupaten Pohuwato, Gorontalo. Kas titipan diharapkan membuat layanan penukaran uang lebih efisien.

Soekowardojo, Kepala Perwakilan BI Sulawesi Utara mengatakan bank sentral akan mendelegasikan fungsi layanan kas di Pohuwato kepada PT Bank Pembangunan Sulawesi Utara & Gorontalo atau Bank Sulutgo. Dia menambahkan, layanan kas titipan bakal membuat penyediaan uang kartal lebih efisien karena jaringan dan infrasruktur BI terbatas.

"Bisa saja kami handle sendiri, tapi pelayanan kas akan membutuhkan waktu yang lama. Oleh karena itu, dengan kas titipan masyarakat bisa mendapat uang layak edar lebih cepat," ujarnya di Manado, Rabu (17/5/2017).

Untuk diketahui, Pohuwato merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Sulawesi Tengah. Perlu perjalanan darat 3-4 jam Untuk mencapai Marisa-ibukota Kabupaten Pohuwato- yang berjarak 160 km dari Kota Gorontalo.

Menurut Soekowardojo, dengan adanya kas titipan di Pohuwato, kantor bank yang ada di Pohuwato dan sekitarnya tak perlu bertandang ke Gorontalo untuk mendapat layanan kas. Pengelolaan likuiditas juga bank juga dinilai bisa lebih efisien karena layanan kas bisa diperoleh dalam satu hari dari biasanya 3 hari kerja.

Tahun ini, BI Perwakilan Sulawesi Utara juga akan membuka tiga kas titipan baru di wilayah Sulawesi Utara, mencakup Bitung, Sitaro, dan Melongoune. Walhasil, bakal ada tujuh kas titipan sepanjang tahun ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Penulis : Rivki Maulana
Editor : Rustam Agus
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper