Jerman Terus Tekan Israel Terkait Two State Solution

Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel mengatakan akan terus menekan Israel dan Palestina untuk menemukan solusi bagi kedua negara.
Nurhadi Pratomo | 23 April 2017 23:48 WIB
Ilustrasi: Bendera Jerman terpasang di sebuah rumah di Dortmund, 19 Juni 2012. - Reuters

Bisnis.com, JAKARTA — Menteri Luar Negeri Jerman Sigmar Gabriel mengatakan akan terus menekan Israel dan Palestina untuk menemukan solusi bagi kedua negara.

“Dengan rasa hormat terhadap konflik yang terjadi di Timur Tengah, solidaritas kami dengan Israel juga berarti untuk memastikan mereka dapat hidup damai berdampingan dengan Palestina,” ujar Gabriel, Minggu (23/4/17) waktu setempat.

Hal tersebut diungkapkan oleh Gabriel jelang kunjungan pertamanya ke Israel sejak dilantik pada anuari 2017. Dia menilai Jerman sangat prihatin dengan konflik pemukiman yang semakin memburuk dari tahun ke tahun.

Pihaknya menegaskan untuk adanya two state solution atau yang dikenal sebagai kebijakan dua negara yang berdampingan. “Hanya langkah tersebut yang akan bersifat berkelanjutan,” imbuh Gabriel.

Menlu Jerman dijadwalkan akan mengunjungi sejumlah lokasi di Israel kemudian dilanjutkan pertemuan dengan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu. Hubungan kedua negara terus membaik pasca Perang Dunia Ke-2 sebagai bentuk tanggung jawab atas sejumlah pembantaian yang dilakukan Nazi pada masa itu.

Sementara itu, Juru Bicara Pemerintah Palestina Martin Schaefer mengaku masih ragu untuk menciptakan hubungan yang berkelanjutan di tengah kondisi saat ini.

 “Kami [Palestina] perlu melakukan upaya untuk melakukan pembicaraan dan negoisasi dalam kerangka proses yang ada di Timur Tengah,” ujar Martin akhir pekan lalu.

Perundingan damai antara Israel dan Palestina telah membeku sejak 2014. Isu pemukiman menjadi yang terpanas dari pembicaraan yang dilakukan oleh keduanya. (Reuters)

 

Tag : jerman, palestina, israel
Editor : Mia Chitra Dinisari

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top