Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

PUTARAN KEDUA PILGUB DKI 2017: Ganggu, Inilah Bentuk 'Ancaman' Wiranto

Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengimbau aparat gabungan TNI dan Polri menindak tegas pihak-pihak yang dinilai sengaja mengganggu kelancaran proses Pilkada DKI Jakarta putaran kedua pada Rabu (19/4).
Martin Sihombing
Martin Sihombing - Bisnis.com 18 April 2017  |  14:28 WIB
Moderator Ira Koesno mengambil foto wefie bersama paslon Ahok-Djarot dan Anies-Sandi di sela debat final pilgub DKI, Rabu (12/4) - Bisnis
Moderator Ira Koesno mengambil foto wefie bersama paslon Ahok-Djarot dan Anies-Sandi di sela debat final pilgub DKI, Rabu (12/4) - Bisnis

Bisnis.com, JAKARTA -  Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Wiranto mengimbau aparat gabungan TNI dan Polri menindak tegas pihak-pihak yang dinilai sengaja mengganggu kelancaran proses Pilkada DKI Jakarta putaran kedua pada Rabu (19/4).

"Aparat juga harus tetap bersikap tegas jika menghadapi masyarakat yang melanggar hukum serta menimbulkan potensi gangguan terhadap pelaksanaan Pilkada," ujar Wiranto di Econvention Ancol, Jakarta, Selasa (18/4/2017).

Walaupun harus tegas, lanjutnya, kehadiran aparat ini jangan sampai kemudian menciptakan suasana intimidatif di kalangan masyarakat, tuturnya.

"Perlu pendekatan yang bersifat persuasif dan edukatif," kata Menko Polhukam kemudian.


Mantan Panglima TNI itu juga berpesan kepada aparat keamanan, yang merupakan salah satu unsur penyelenggara pemilu, untuk tetap mengedepankan netralitas ketika menjalankan tugas.

Ingat, kita bukan akan menghadapi musuh, tetapi menghadapi rakyat.

"Dulu saya juga pernah melaksanakan pemilu pertama yang bebas dari pengaruh militer dan kepolisian, ternyata bisa. Karena itu jaga netralitas kita sebagai penyelenggara pemilu," ujar Wiranto.

Ia juga meminta kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelancaran "pesta demokrasi" tersebut.

"Aparat keamanan, penyelengara pemilu, dan pemerintah sebagai fasilitator akan melaksanakan kewajiban ini sebaik-baiknya. Saya ingatkan jangan sampai ada pihak manapun yang mencoba untuk mengganggu dan mencederai demokrasi yang sedang kita jalankan ini," tegas Menko Polhukam.

Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Pilgub DKI 2017 PUTARAN KEDUA PILGUB DKI 2017

Sumber : ANTARA

Editor : Martin Sihombing

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top