Mendagri Kaji Sejumlah Opsi Pelantikan Kepala Daerah

Pemerintah tengah mengkaji sejumlah opsi terkait pelantikan kepala daerah hasil daerah (pilkada) secara serentak pada 15 Februari 2017 lalu.
Irene Agustine
Irene Agustine - Bisnis.com 16 April 2017  |  06:41 WIB
Mendagri Kaji Sejumlah Opsi Pelantikan Kepala Daerah
Mendagri Tjahjo Kumolo mengikuti rapat kerja dengan Komisi II DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (22/2). - Antara/Hafidz Mubarak A.

Kabar24.com, JAKARTA -- Pemerintah tengah mengkaji sejumlah opsi terkait pelantikan kepala daerah hasil daerah (pilkada) secara serentak pada 15 Februari 2017 lalu.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo mengatakan, pemerintah tengah mengkaji sejumlah opsi, salah satunya, pelantikan akan dilakukan sesuai dengan habisnya masa jabatan masing-masing kepala daerah.

"Kalau kami mau ikuti masa selesainya jabatan," katanya dikutip dari laman Kemendagri, (15/4/2017).

Namun, dalam opsi tersebut Kemendagri juga mempertimbangkan persoalan waktu. Misalnya, pelantikan bagi Gubernur DKI Jakarta.

Jika mengikuti jadwal yang semestinya, maka pergantian jabatan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta dilakukan pada Oktober 2017.

"Sekarang (masih) April, nah lama banget nanti," kata Tjahjo Kumolo.

Oleh karena itu, Tjahjo mengatakan, pemerintah juga akan berkoordinasi dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) sebagai pihak penyelenggara pemilihan yang memiliki kewenangan menyampaikan siapa saja pasangan kepala daerah yang terpilih.

Seperti diketahui, sebanyak 101 daerah telah melaksanakan pilkada, tinggal menunggu waktu pelantikan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
mendagri, Pilkada Serentak

Editor : Gita Arwana Cakti

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top