Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Jaksa Berusaha Tahan Presiden Terguling Korsel

Sejumlah jaksa Korea Selatan mengatakan bahwa mereka akan mengusahakan surat perintah penangkapan untuk Presiden Korea Selatan yang telah dimakzulkan, Park geun-hye.
Juli Etha Ramaida Manalu
Juli Etha Ramaida Manalu - Bisnis.com 27 Maret 2017  |  12:25 WIB
Mantan presiden Korea Selatan Park Geun-hye - Reuters
Mantan presiden Korea Selatan Park Geun-hye - Reuters

Kabar24.com,JAKARTA - Sejumlah jaksa Korea Selatan mengatakan bahwa mereka akan mengusahakan surat perintah penangkapan untuk Presiden Korea Selatan yang telah dimakzulkan, Park geun-hye.

Surat perintah penangkapan tersebut akan memungkinkan untuk menahan Park sekitar 20 hari selama berjalannya proses investigasi terkait dugaan penerimaan suap dari sejumlah bisnis besar.

Park (65) menjadi Presiden Korea Selatan pertama yng dipilih secara demokrasi dan lantas dimakzulkan dalam sebuah sidang konstitusional yang diadakan oleh parlemen bulan ini.

Park dituduh melakukan kolusi bersama temannya, Choi Soon-sil, menekan sejumlah perusahaan besar untuk menyalurkan donasi bagi dua yayasan yang mendukung kebijakan sang mantan presiden tersebut.

Choi dan park menyangkal telah melakukan kesalahan tersebut.

Dalam pengumuman terkait pengusahaan surat perintah penangkapan, sejumlah jaksa tersebut mengatakan mereka memiliki alasan untuk mencurigai bahwa Park kemungkinan akan mencoba menghilangkan barang bukti.

"Kasus ini sangat serius karena terduga telah menunjukkan perilaku penyalahgunaan kekuasaan dengan menekan sejumlah perusahaan untuk memberi dana dan mengungkung kebebasan manajemen dengan menggunakan kekuasaan dan otoritasnya sebagai presiden," kata jaksa tersebut seperti dikutip, Reuters, Senin (27/3/2017).

Park yang saat ini masih bebas,telah menjalani pemeriksaan selama 14 jam minggu lalu.

Jika pengadilan mengabulkan permohonan surat perintah penangkapan, Park akan menjadi mantan Presiden Korea Selatan ketiga yang ditahan selama menjalani pemeriksaan.

Jika Park ditahan, Jaksa akan memiliki waktu hingga 20 hari untuk melanjutkan penyelidikan dan dalam rentang waktu tersebut mereka harus bisa mengajukan tuntutan terhadapnya.

Park kemungkinan akan menghadapi lebih dari 10 tahun masa tahanan jika terbukti menerima suap dari pimpinaan sejumlah perusahaan besar, termasuk bos Samsung Jay Y. Lee.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

presiden korsel
Editor : Nancy Junita

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
To top