Sesaat Diluncurkan, Rudal Korut Meledak

Sebuah rudal Korea Utara (Korut) dikabarkan meledak sesaat setelah diluncurkan pada Rabu (22/3/2017).
Juli Etha Ramaida Manalu | 22 Maret 2017 14:55 WIB
Ilustrasi--Peluncuran rudal balistik Korea Utara di lokasi yang tidak diketahui dalam foto tidak bertanggal yang dirilis Kantor Berita Korea Utara (KCNA) di Pyongyang, Jumat (11/3/16). - Reuters

Kabar24.com,JAKARTA - Sebuah rudal Korea Utara (Korut) dikabarkan meledak sesaat setelah diluncurkan pada Rabu (22/3/2017).

Hal ini disampaikan pihak militer Amerika dan Korea Selatan. Rudal tersebut diluncurkan dekat Kota Wonsam, di wilayah Pesisir Timur Korea Utara.

Tempat ini merupakan lokasi yang digunakan Korea Utara untuk melakukan peluncuran sejumlah rudal jarak menengah tahun lalu.

"Komando Pasifik Amerika Serikat mendeteksi hal yang menurut kami merupakan sebuah upaya peluncuran rudal yang gagal oleh Korea Utara," sebut Komandan Dave Benham, juru bicara Komado Pasifik Amerika Serikat seperti dikutip dari Reuters, Rabu (22/3/2017).

"Sebuah rudal tampaknya meledak beberapa detik setelah diluncurkan," tambahnya.

Sementara itu, pihak militer Korea Selatan menyebut, bahwa rudal tersebut tampaknya meledak sesaat setelah diluncurkan.

Sejauh ini, Amerika maupun Korea Selatan belum mengetahui dengan jelas jenis misil yang meledak tersebut. Sementara itu, Kementerian Pertahanan Korea Selatan mengatakan, pihaknya masih melakukan analisis untuk mengetahui detil lebih lanjut terkait peluncurna rudal ini.

Korea Utara meluncurkan empat rudal balistik dari sebuah lokasi dekat pesisir baratnya pada 6 Maret. Pekan ini negara tersebut melaksanakan uji mesin atas roket yang disebut oleh Presiden Kim Jong-un sebagai babak baru industri roketnya.

Tag : korea utara
Editor : Nancy Junita

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top