Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Internet Putus, Simulasi UNBK SMP Terganggu

Kasus putus jaringan Internet seperti itu terjadi saat sejumlah siswa melakukan simulasi UNBK di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Akibat jaringan internet putus, lembar jawaban para siswa tidak bisa dikirim ke server pusat.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Maret 2017  |  14:31 WIB
Ilustrasi: Pelaksanaan UNBK di Jakarta - dokumentasi
Ilustrasi: Pelaksanaan UNBK di Jakarta - dokumentasi

Kabar24.com, BENGKULU - Ujian Nasional Berbasis Komputer nampaknya harus mengantisipasi kemungkingan putusnya jaringan Internet.

Kasus putus jaringan Internet seperti itu terjadi saat sejumlah siswa melakukan simulasi UNBK di SMP Negeri 2 Kota Bengkulu. Akibat jaringan internet putus, lembar jawaban para siswa tidak bisa dikirim ke server pusat.

"Kami sudah mewanti-wanti ke Diknas dan Telkom untuk mengantisipasi jangan sampai jaringan internet putus atau mati, ternyata kejadian," kata Koordinator Pengawas Sistem Server Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Lubis di Bengkulu, Selasa (21/3/2017).

Lubis mengatakan hal yang dikhawatirkan oleh penyelenggara ujian berbasis komputer diharapkan tidak terjadi saat pelaksanaan UNBK tingkat SMP sederajat pada Mei 2017.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, ia mengharapkan PT Telkom membuka posko khusus untuk memastikan jaringan internet tidak bermasalah saat pelaksanaan UNBK mendatang.

"Soal ujian sudah disimpan di server lokal, jadi walau jaringan putus siswa tetap bisa mengerjakan soal-soal," ucapnya.

Meski soal ujian dapat dikerjakan, pengiriman dokumen atau lembar jawaban tidak bisa dilakukan sebab jaringan internet terputus.

Jawaban para siswa kata Lubis akan tersimpan di server lokal dan tidak dapat langsung terkirim atau tersambung ke pusat.

"Kalau ada pos UNBK di Telkom tim informasi teknologi bisa langsung berhubungan untuk melaporkan jaringan Internet yang bermasalah," ujarnya.

Pelaksanaan simulasi UNBK tingkat SMP sederajat digelar selama dua hari (20-21/3) dengan dua mata pelajaran yakni Bahasa Indonesia dan IPA.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Humas dan Kesiswaan SMP Negeri 2, Dewantoro mengatakan sebanyak 317 siswa mengikuti UNBK di sekolah itu.

"Peralatan komputer kami terbatas sehingga ada kebijakan meminjam ke orang tua siswa," ucapnya.

Ada empat ruang kelas yang disediakan untuk menggelar UNBK dengan tiga termin pelaksanaan UNBK yang akan berlangsung selama empat hari.


Simak Video Pilihan di Bawah Ini :

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

ujian nasional

Sumber : Antara

Editor : Saeno

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!

BisnisRegional

To top