Ini Pertanda Apakah Presentasi Anda Menarik Perhatian Audiens

Presentasi dapat dikatakan efektif ketika dibawakan dengan singkat, namun padat informasinya, sehingga para pendengar menjadi terpukau untuk memperhatikan dan menyerap apa yang disampaikan pembicara.
Nurudin Abdullah | 15 Maret 2017 17:43 WIB
Seorang pembicara menyampaikan presentasi di hadapan audiens. Ilustrasi - Bisnis.com/Fajar Sidik

Kabar24.com, JAKARTA-Presentasi dapat dikatakan efektif ketika dibawakan dengan singkat, namun padat informasinya, sehingga para pendengar menjadi terpukau untuk memperhatikan dan menyerap apa yang disampaikan pembicara.

Muhammad Noer, Founder and Master Trainer Presenta Edu, mengatakan presentasi yang efektif dan mencapai tujuannya, ketika audiennya melakukan apa yang diharapkan oleh presenter, setelah presentasi disampaikan.

“Presentasi yang mencapai tujuannya, yaitu ketika audiens melakukan apa yang diharapkan oleh presenter, setelah presentasi disampaikan,” katanya, Rabu (15/3/2017).

Dia lebih jauh menjelaskan bahwa suatu presentasi bisa dikatakan efektif ketika para audiensnya tidak merasa bosan mendengarkan apa yang disampaikan. Mereka mendengarkan presentasi sampai selesai dengan antusias.

Sebaliknya, ketika banyak audiens yang mengantuk, lebih asyik dengan ponselnya saat mendengarkan presentasi, atau sebentar-sebentar melirik jam tangannya, itu sudah menjadi tanda presentasi tersebut tidak efektif.

Selanjutnya, cukup banyak isi presentasi yang diingat oleh para audiens. Itu artinya, audiens benar-benar mendengar dan menyimak presentasi yang disampaikan.

Selain itu presentasi disebut efektif jika audiens tergerak untuk melakukan apa yang diharapkan oleh presenter yang menyampaikan presentasi, misalnya jika anda mempresentasikan sebuah produk ponsel baru.

Setelah presentasi selesai, lanjutnya, para audiens beramai-ramai mengunjungi booth ponsel tersebut atau segera mencari cara untuk mengetahui lebih lanjut mengenai ponsel itu yang menjadi materi presentasi.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
pendidikan, kiat manajemen

Editor : Rustam Agus

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya



Top