Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bos Samsung Ditahan

Bos Samsung Jay Y. Lee ditahan sejak Jumat pagi ini (17/2/2017) terkait tuduhan keterlibatannya dalam skandal korupsi yang mengguncang kekuasaan tertinggi di Korea Selatan.
Jay Y. Lee/Reuters
Jay Y. Lee/Reuters

Kabar24.com, JAKARTA - Bos Samsung Jay Y. Lee ditahan sejak Jumat  (17/2/2017) pagi terkait tuduhan keterlibatannya dalam skandal korupsi yang mengguncang kekuasaan tertinggi di Korea Selatan.

Lee (48) yang merupakan keturunan dari keluarga terkaya di Korea Selatan ditahan di Pusat Tahanan Seouk setelah menunggu keputusan di tempat yang sama sepanjang malam.

Seperti diberitakan Reuters, Jumat (17/2/2017) seorang petugas tahanan menyebutkan dia ditahan di sebuah ruangan yang dilengkapi TV dan meja.

Jaksa memiliki waktu hingga sepuluh hari untuk menentukan dakwaan terhadap generasi ketiga pemimpin Samsung itu. Namun, jika waktu sepuluh hari tidak cukuo, bisa dilakukan perpanjangan.

Setelah menjatuhkan dakwaan, pengadilan diharuskan membuat putusan dalam waktu tiga bulan. Sejauh ini, pihak Lee, seperti diutarakan seorang jurubicara Samsung, belum memutuskan apakah akan mengajukan gugatan terkait oenahanan ini atau tindakan lainnya.

Sementara itu, baik Samsung dan Lee sebelumnya telah menyangkal terkait tuduhan yang dilancarkan.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan bahwa kebenaran akan terungkap dalam proses peradilan," ujar Samsung Group dalam sebuah pernyataan setelah penahanan Lee, seperti dikutip Reuters, Jumat (17/2/2017).

Sebelumnya, pengadilan ini sempat menolak permintaan untuk menahan Lee yang diajukan bulan lalu. Namun, jaksa kemudian menambahkan tuduhan terhadap Lee dab berupaya menahannya dengan tuduhan suap dan sejumlah tuduhan lain.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper