Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

KEBIJAKAN TRUMP: Pecat Jaksa Agung AS, Rombak Dewan Keamanan Nasional

Setelah dilantik sebagai Presiden AS ke-45 sekaligus mengambil alih kepemimpinan AS pada 20 Januari lalu, Donald Trump mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang telah menimbulkan beragam reaksi.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump./REUTERS-Jonathan Ernst
Presiden Amerika Serikat Donald Trump./REUTERS-Jonathan Ernst

Bisnis.com, JAKARTA – Setelah dilantik sebagai Presiden AS ke-45 sekaligus mengambil alih kepemimpinan AS pada 20 Januari lalu, Donald Trump mengeluarkan kebijakan-kebijakan yang telah menimbulkan beragam reaksi.  

Berikut pokok-pokok yang terjadi dalam kepemerintahan Trump pada Senin, seperti dikutip dari Reuters (Selasa, 31/1/2017):

LARANGAN BEPERGIAN

Trump memecat jaksa agung AS, Sally Yates, setelah Yates mengambil langkah luar biasa untuk menentang Gedung Putih serta mengatakan Departemen Kehakiman tidak akan membela larangan bepergian Trump atas tujuh negara berpenduduk mayoritas Muslim.

Larangan bepergian dan imigrasi Trump menimbulkan banyak reaksi dengan para penentang mencoba untuk melepaskan penghalang, termasuk adanya keberatan dari pengadilan.

Dalam suatu dokumen Departemen keamanan dalam negeri, pemerintah AS disebut telah memberikan keringanan untuk membiarkan 872 pengungsi masuk ke negara tersebut pekan ini, meskipun perintah eksekutif Trump melarang masuknya pengungsi dari negara manapun.

Para senator partai Demokrat AS mencoba untuk mengadakan pemungutan suara untuk membatalkan perintah Trump, namun hal itu dihalangi oleh seorang anggota parlemen Republik.

REAKSI PERUSAHAAN

CEO Goldman Sachs Group Inc. dan Ford Motor Co. termasuk dalam golongan yang mengkritik larangan Trump.

RESPON INTERNASIONAL

Puluhan ribu warga melancarkan protes di London dan kota lainnya di Inggris terhadap larangan Trump. Dalam kunjungannya ke Teheran, Menteri luar negeri Prancis menyatakan bahwa AS harus mencabut kebijakan imigrasi yang dinilai “berbahaya” tersebut.

MAHKAMAH AGUNG

Trump mengatakan ia akan mengumumkan kandidatnya ke Mahkamah Agung AS pada Selasa malam seiring upayanya untuk segera menancapkan pengaruhnya terhadap MA dengan memperbarui anggotanya yang mayoritas konservatif, meski di sisi lain partai Demokrat bersiap dalam hal perebutan posisi di senat.

MENTERI KEUANGAN

Senat Demokrat menunda pemungutan suara Komite Keuangan Senat untuk kandidat Menteri keuangan Steven Mnuchin dalam rangka memprotes larangan bepergian Trump.

SEKRETARIS NEGARA

Senat AS mengajukan pencalonan mantan CEO Exxon Mobil Corp. Rex Tillerson menjadi sekretaris negara Trump.

DEWAN KEAMANAN NASIONAL

Menurut pernyataan Gedung Putih, Trump akan memperbarui struktur Dewan Keamanan Nasional saat ini serta menambahkan unsur CIA ke dalamnya, termasuk penambahan penasihat politik Steve Bannon.

PENGURANGAN ATURAN

Trump menandatangani perintah yang ditujukan untuk mengurangi kembali peraturan federal secara dramatis, namun hal itu tidak akan berlaku untuk sebagian besar aturan reformasi keuangan yang dibuat oleh kepemerintahan Obama.

IRAN

Senator Bob Corker, Ketua komite hubungan asing senat AS, mengutuk Iran setelah adanya laporan negara itu akan melakukan uji coba rudal balistik. Dia juga mengatakan akan bekerja dengan para pembuat kebijakan lainnya dan pemerintah Trump agar Iran bertanggung jawab.

KUNJUNGAN NETANYAHU

Menurut juru bicara Trump Sean Spicer, Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu akan bertemu dengan Trump di Gedung Putih pada 15 Februari. Netanyahu menyatakan rencananya untuk mendorong Trump memperbaharui sanksi terhadap Iran.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper